Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

EKONOMI SPANYOL: Resesi makin dalam

MADRID: Resesi Spanyol lebih dalam dari yang diperkirakan karena pengetatan fiskal yang dilakukan pemerintah dalam rangka mengurangi defisit anggaran telah menekan permintaan domestik.Institut Statistik Nasional Spanyol di Madrid pada Rabu (30/1) melaporkan
News Editor
News Editor - Bisnis.com 30 Januari 2013  |  19:08 WIB

MADRID: Resesi Spanyol lebih dalam dari yang diperkirakan karena pengetatan fiskal yang dilakukan pemerintah dalam rangka mengurangi defisit anggaran telah menekan permintaan domestik.

Institut Statistik Nasional Spanyol di Madrid pada Rabu (30/1) melaporkan produk domestik bruto (PDB) turun 0,7% pada kuartal IV/2012 dari kuartal sebelumnya yang juga turun 0,3% dan turun 1,8% dari periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Perekonomian Spanyol sepanjang 2012 turun 1,37% dari 2011. Bank of Spain pada 23 Januari 2013 memprediksi PDB Spanyol pada kuartal IV/2012 turun 1,8% (q-o-q), sedangkan Citigroup memprediksi PDB Spanyol turun 2,2% pada 2013.

Komisi Eropa pada pekan lalu telah mengisyaratkan akan melonggarakan target penurunan defisit anggaran Spanyol untuk keempat kalinya dalam setahun terakhir karena tingkat pengangguran telah mencapai rekor tertingginya yakni 26%.

"Kita harus berhati-hati, kontraksi permintaan domestik parah dan kemungkinan akan seperti itu hingga semester pertama tahun 2013," kata Guillaume Menuet, ekonom senior di Citigroup Inc di London. (Bloomberg/ara/ra)

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswire

Editor : Rustam-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top