Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EKONOMI SPANYOL: Resesi makin dalam

MADRID: Resesi Spanyol lebih dalam dari yang diperkirakan karena pengetatan fiskal yang dilakukan pemerintah dalam rangka mengurangi defisit anggaran telah menekan permintaan domestik.Institut Statistik Nasional Spanyol di Madrid pada Rabu (30/1) melaporkan

MADRID: Resesi Spanyol lebih dalam dari yang diperkirakan karena pengetatan fiskal yang dilakukan pemerintah dalam rangka mengurangi defisit anggaran telah menekan permintaan domestik.

Institut Statistik Nasional Spanyol di Madrid pada Rabu (30/1) melaporkan produk domestik bruto (PDB) turun 0,7% pada kuartal IV/2012 dari kuartal sebelumnya yang juga turun 0,3% dan turun 1,8% dari periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Perekonomian Spanyol sepanjang 2012 turun 1,37% dari 2011. Bank of Spain pada 23 Januari 2013 memprediksi PDB Spanyol pada kuartal IV/2012 turun 1,8% (q-o-q), sedangkan Citigroup memprediksi PDB Spanyol turun 2,2% pada 2013.

Komisi Eropa pada pekan lalu telah mengisyaratkan akan melonggarakan target penurunan defisit anggaran Spanyol untuk keempat kalinya dalam setahun terakhir karena tingkat pengangguran telah mencapai rekor tertingginya yakni 26%.

"Kita harus berhati-hati, kontraksi permintaan domestik parah dan kemungkinan akan seperti itu hingga semester pertama tahun 2013," kata Guillaume Menuet, ekonom senior di Citigroup Inc di London. (Bloomberg/ara/ra)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Rustam-nonaktif
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper