Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

JOKOWI: Bangunan di DKI akan diaudit

JAKARTA-- Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menegaskan akan mengaudit khusus bangunan terkait ketersediaan sumur resapan.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 27 Januari 2013  |  16:21 WIB

JAKARTA-- Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menegaskan akan mengaudit khusus bangunan terkait ketersediaan sumur resapan.

Menurut Jokowi, audit dilakukan agar ke depan masalah pembangunan di DKI Jakarta bisa lebih ditekan guna mendorong adanya ketersediaan sumur resapan. Jokowi menuturkan audit bangunan tersebut mencakup adanya sumur resapan, spesifikasi bangunan, dan ketersediaan ruang terbuka hijau.

Lebih lanjut Jokowi mengatakan untuk mengakomodir kegiatan tersebut, Pemprov DKI telah menganggarkan biaya Rp 650 miliar untuk membuat sumur resapan dalam rangka meningkatkan banyaknya daerah resapan di DKI Jakarta.

Bersamaan dengan itu, Pemprov DKI juga akan mengeluarkan Peraturan Gubernur Khusus untuk daerah sumur resapan serta ruang terbuka hijau. Jokowi menuturkan nantinya semua bangunan termasuk public area, ruang terbuka hijau,kantor pemerintah, kantor swasta,bank,hotel, semuanya harus memiliki sumur resapan.

“Saya akan kontrol sendiri. Semua bangunan harus memliki sumur resapan air. Harus dipaksa untuk memiliki resapan air. Juga akan dilakukan audit setiap bangunan,” jelas Jokowi kepada wartawan di Penjaringan, Minggu (27/1/2013).

Untuk mewujudkan hal tersebut, Jokowi mempersiapkan sebuah Peraturan Gubernur (Pergub) yang lebih detail dan konkrit untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu hal yang dirasa sangat penting adalah membuat pergub baru tentang izin mendirikan bangunan. Ini beralasan karena ruang resapan air semakin berkurang.

Salah satu pergub tersebut akan mewajibkan semua bangunan yang didirikan atau bangunan yng sudah jadi harus memiliki resapan air yang jelas dan harus memiliki kedalaman 100-200 meter.(msb)

 “Pergub tentang IMB akan di perketat bagi bangunan gedung, kantor,apartemen, mall. Jadi setiap izin bangunan harus dilampirkan juga sumur resapannya berapa per meter, detail, komplit, dan sumur resapannya berjarak 100-200 meter. Jangan hanya 1 meter saja. Apa yang di harapkan kalau sumur resapannya cuman 1 meter,” tegas Jokowi.(msb)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Emanuel Tome Hayon

Editor : Martin-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top