Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KRISIS UTANG AS: IMF Ingatkan Ancaman Pudarnya Kepercayaan Dunia Internasional

DAVOS-Penyelesaian masalah pagu utang Amerika Serikat dinilai akan menentukan tingkat kepercayaan dunia terhadap peran negara dengan perekonomian nomor satu di dunia ini.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 26 Januari 2013  |  21:15 WIB

DAVOS-Penyelesaian masalah pagu utang Amerika Serikat dinilai akan menentukan tingkat kepercayaan dunia terhadap peran negara dengan perekonomian nomor satu di dunia ini.

 

Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde mengatakan pembuat kebijakan AS harus menciptakan rencana jangka panjang untuk menangani defisitnya atau mereka akan mempertaruhkan posisi negaranya sebagai pemimpin ekonomi dunia.

 

“Mereka harus mempertimbangkan bahwa peran penting yang dimainkan perekonomian AS di dunia sedang dipertaruhkan,” katanya, Sabtu (26/1) waktu setempat dalam wawancaranya dengan stasiun televisi CNBC.

 

Sebelumnya pada Maret 2012 lalu, Departemen Keuangan AS memperingatkan bahwa pihaknya tidak sanggup lagi menalangi utang negara yang diperkirakan akan melampaui pagu US$16,4 triliun yang ditetapkan pada 2011.

 

Kemudian dalam pengambilan suara pada 24 Januari lalu, anggota House of Representative AS menyetujui kenaikan pagu utang, tetapi menundanya sampai 19 Mei 2013.

 

Lagarde mengatakan Kongres AS perlu memanfaaatkan rentang waktu tiga bulan ke depan untuk menyelesaikan masalah pagu utangnya daripada lebih menunda-nundanya lagi.

 

“Kepercayaan terhadap perekonomian AS bisa rusak jika ketidakpastian terus ada,” katanya.

 

Lagarde menjelaskan Negeri Paman Sam saat ini sedang mengalami penurunan tipis kepercayaan pasar yang bisa berimbas menjadi suatu efek jangka panjang. (hedwi prihatmoko/26/yus)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Bloomberg

Editor : Yusran-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top