Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MALANG-Harga ikan laut utamanya tuna mulai melambung menyusul nelayan di perairan Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang berhenti melaut sejak beberapa pekan terakhir akibat cuaca buruk.
 
Dengan tidak melautnya nelayan di Pantai Sendangbiru membuat harga ikan tuna melambung tinggi dan saat ini menembus dikisaran Rp25.000 per kg. Padahal jika normal harga ikan tuna hanya Rp12.000 per kg. 
 
Ketua Nelayan Payang Pantai Sendangbiru yang juga Kepala Desa Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang Sudarsono mengatakan produksi ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pondok Dadap Pantai Sendangbiru dalam tiga pekan terakhir sepi transaksi penjualan ikan.
 
“Penyebanya karena sebagian besar nelayan di Pantai Sendangbiru sejauh ini  belum melaut akibat cuaca buruk,” kata Sudarsono, Kamis (24/1/2013).
 
Menurutnya kalaupun ada ikan tuna yang dijual karena didatangkan dari daerah lain yang merupakan hasil tangkapan nelayan di Pantai Muncar Kabupaten Banyuwangi, Pasuruan, dan Surabaya.
 
Cuaca buruk mengakibatkan terjadinya gelombang tinggi serta angin kencang. Sehingga nelayan Pantai Sendangbiru memilih tidak melaut guna menghindari terjadinya resiko. Mengingat tinggi gelombang diperkirakan mencapai 3-4 meter.
 
Akibatnya hasil tangkapan ikan nelayan turun drastis. Bahkan di TPI Pondok Dadap nyaris sepi dari aktivitas jual beli ikan. Transaksi diperkirakan akan kembali berlangsung sewaktu cuaca kembali normal hingga memungkinkan nelayan untuk melaut.
 
“Jika kondisi cuaca normal produksi ikan yang dihasilkan para nelayan di Pantai Sendangbiru rata-rata sebanyak 2-2,5 ton per hari,” jelas dia.
 
Saat cuaca buruk seperti saat ini produksi ikan di TPI Pondok Dadap hanya mencapai 1-1,5 kwintal saja. Ikan tersebut berasal dari nelayan yang nekad mencari ikan dibibir pantai saja. (faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Fahmi Achmad
Sumber : Mohammad Sofi`i

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper