Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Harga Ikan Tuna Mulai Melambung di Malang

News Editor
News Editor - Bisnis.com 24 Januari 2013  |  18:32 WIB
MALANG-Harga ikan laut utamanya tuna mulai melambung menyusul nelayan di perairan Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang berhenti melaut sejak beberapa pekan terakhir akibat cuaca buruk.
 
Dengan tidak melautnya nelayan di Pantai Sendangbiru membuat harga ikan tuna melambung tinggi dan saat ini menembus dikisaran Rp25.000 per kg. Padahal jika normal harga ikan tuna hanya Rp12.000 per kg. 
 
Ketua Nelayan Payang Pantai Sendangbiru yang juga Kepala Desa Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang Sudarsono mengatakan produksi ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pondok Dadap Pantai Sendangbiru dalam tiga pekan terakhir sepi transaksi penjualan ikan.
 
“Penyebanya karena sebagian besar nelayan di Pantai Sendangbiru sejauh ini  belum melaut akibat cuaca buruk,” kata Sudarsono, Kamis (24/1/2013).
 
Menurutnya kalaupun ada ikan tuna yang dijual karena didatangkan dari daerah lain yang merupakan hasil tangkapan nelayan di Pantai Muncar Kabupaten Banyuwangi, Pasuruan, dan Surabaya.
 
Cuaca buruk mengakibatkan terjadinya gelombang tinggi serta angin kencang. Sehingga nelayan Pantai Sendangbiru memilih tidak melaut guna menghindari terjadinya resiko. Mengingat tinggi gelombang diperkirakan mencapai 3-4 meter.
 
Akibatnya hasil tangkapan ikan nelayan turun drastis. Bahkan di TPI Pondok Dadap nyaris sepi dari aktivitas jual beli ikan. Transaksi diperkirakan akan kembali berlangsung sewaktu cuaca kembali normal hingga memungkinkan nelayan untuk melaut.
 
“Jika kondisi cuaca normal produksi ikan yang dihasilkan para nelayan di Pantai Sendangbiru rata-rata sebanyak 2-2,5 ton per hari,” jelas dia.
 
Saat cuaca buruk seperti saat ini produksi ikan di TPI Pondok Dadap hanya mencapai 1-1,5 kwintal saja. Ikan tersebut berasal dari nelayan yang nekad mencari ikan dibibir pantai saja. (faa)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Mohammad Sofi`i

Editor : Fahmi Achmad

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top