Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BANJIR JAKARTA: Pengungsi Terkena Penyakit Gatal & Pernafasan

JAKARTA—Mayoritas masyarakat korban banjir di Jakarta Utara sudah mulai terserang penyakit. Sebagian besar dari mereka  terkena penyakit gatal dan infeksi saluran pernafasan atas (ISPA). Sedangkan selebihnya terkena penyakit lain seperti
News Editor
News Editor - Bisnis.com 24 Januari 2013  |  07:40 WIB

JAKARTA—Mayoritas masyarakat korban banjir di Jakarta Utara sudah mulai terserang penyakit. Sebagian besar dari mereka  terkena penyakit gatal dan infeksi saluran pernafasan atas (ISPA). Sedangkan selebihnya terkena penyakit lain seperti demam, batuk, pusing, pilek, dan maag. 

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara  Bambang Suheri mengatakan  dari 11.000 pasien yang datang ke 6 posko kesehatan yang disediakan pihaknya, 50 %  atau 5.500 pasien menderita gatal-gatal. Sedangkan, 4.950 pasien atau 49 % menderita ISPA, dan 550 pasien lainnya atau 1 %  menderita peyakit demam, batuk, pusing, pilek, dan maag. 

Data tersebut berdasarkan laporan di 6 posko pelayanan kesehatan, seperti RW 01 Pluit, RW 05 Cometa Futsal Pluit, Puskesmas Penjaringan, dekat kantor Kelurahan Pejagalan, Rusun Muara Baru, dan Puskesmas Kapukmuara. 

"Hingga hari  ini sekitar 11.000  pasien yang berobat, diperkirakan akan bertambah lagi mengingat banjir belum surut di sejumlah wilayah Pluit, Muara Baru, dan Kapukmuara," ujar Bambang melalui telpon hari ini, Kamis (24/1/2013). 

Dari 11.000 pasien yang berobat itu, sedikitnya 10 %  diderita pada anak-anak, dan 90 %  diderita orang dewasa dan lanjut usia. Selain itu, 21 pasien dirujuk ke rumah sakit, dan 2 warga di laporkan tewas karena terkena sengatan listrik   di Tanjungpriok. (sut) 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Emanuel Tome Hayon

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top