Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BATERAI CERDAS, Dapat Dikendalikan Kerena ber-Bluetooth

JAKARTA: Kita mungkin sudah terbiasa memakai peranti cerdas seperti ponsel pintar dan komputer. Tapi bagaimana dengan baterai cerdas?

JAKARTA: Kita mungkin sudah terbiasa memakai peranti cerdas seperti ponsel pintar dan komputer. Tapi bagaimana dengan baterai cerdas?

Tetherboard, perusahaan yang didirikan oleh Kellan O’Connor, baru-baru ini memamerkan baterai yang dapat dikendalikan dari jarak jauh pada acara Consumer Electronics Show 2013.

Ini bisa terjadi berkat Tethercell, adapter yang dapat mengubah baterai berukuran AAA menjadi baterai AA plus adapter Bluetooth.


Dengan menanamkan baterai AAA ke dalam Tethercell kita dapat menggunakannya seperti layaknya baterai AA, yang ukurannya sedikit lebih besar. Namun berkat konektivitas Bluetooth dan aplikasi tambahan yang dapat dipasang pada peranti Apple iOS, seperti iPhone, iPad, dan iPod
Touch, kita mendapatkan kemampuan lebih.

Karena kita dapat mengendalikan baterai AA dari jarak jauh, secara efektif kita juga memperoleh kendali atas perangkat elektronik yang menggunakan baterai yang sudah ditambahkan dengan Tethercell itu.


Pengendalian utama yang bisa dilakukan adalah menghidupkan dan mematikan perangkat elektronik dengan baterai Tethercell dari jarak jauh, dengan aplikasi khusus.

Berkat aplikasi Tethercell ini, kita juga dapat mengatur penggunaan baterai, misalnya menjadwalkan lama pemakaian atau mematikan dan menghidupkan perangkat elektronik pada jam-jam tertentu.

Tethercell juga dapat memberitahukan ponsel bahwa baterai yang dipantaunya sudah hampir habis dan perlu diganti.


Meskipun baterai AAA yang menggunakan Tethercell hanya menggantikan satu baterai AA, ini bukan masalah buat perangkat yang menggunakan lebih dari satu butir baterai.

Adapter ini dapat memantau dan mengendalikan juga baterai-baterai lain yang sama-sama terpasang.


Karena itu kita cukup menggunakan satu Tethercell untuk satu perangkat. Banyak kemungkinan yang terbuka buat penggunaan Tethercell ini, karena pada saat ini banyak perangkat yang tenaga listriknya dipasok oleh baterai AA.

Mainan, pengendali konsol permainan, senter kecil dan papan ketik nirkabel adalah beberapa contoh.


Dalam video demonstrasi Tethercell terlihat pemiliknya mampu mengendalikan berbagai
perangkat elektronik pada satu tempat. Pengguna misalnya dapat menghidupkan dan mematikan
lampu sepeda dari jarak jauh. Jika baterai kendali permainan hampir habis, pemilik juga bisa diingatkan.

Tethercell menggunakan teknologi Bluetooth 4.0, yang memiliki jangkauan sekitar 18 meter lebih. Tetherboard menyatakan dalam pengujiannya mereka bisa mencapai jarak 100
kaki, sekitar 30 meter.

Versi terbaru Bluetooth ini mendukung fitur low energy, yang memungkinkan Tethercell hanya menyerap energi sedikit saja dari baterai AAA yang memberinya daya.


Tertarik menggunakan baterai cer das ini? Meskipun purwarupanya sudah dipamerkan dalam acara CES, kita masih perlu menunggu beberapa bulan lagi sebelum mendapatkan Tethercell di pasar.


Tetherboard berencana akan mengirimkan produknya Juni 2013 kepada pemesan awal. Produk ini
nantinya juga akan mendukung perangkat Android. (sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Sutarno
Sumber : Gombang Nan Cengka

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper