Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BATERAI CERDAS, Dapat Dikendalikan Kerena ber-Bluetooth

JAKARTA: Kita mungkin sudah terbiasa memakai peranti cerdas seperti ponsel pintar dan komputer. Tapi bagaimana dengan baterai cerdas?
News Editor
News Editor - Bisnis.com 24 Januari 2013  |  06:03 WIB

JAKARTA: Kita mungkin sudah terbiasa memakai peranti cerdas seperti ponsel pintar dan komputer. Tapi bagaimana dengan baterai cerdas?

Tetherboard, perusahaan yang didirikan oleh Kellan O’Connor, baru-baru ini memamerkan baterai yang dapat dikendalikan dari jarak jauh pada acara Consumer Electronics Show 2013.

Ini bisa terjadi berkat Tethercell, adapter yang dapat mengubah baterai berukuran AAA menjadi baterai AA plus adapter Bluetooth.


Dengan menanamkan baterai AAA ke dalam Tethercell kita dapat menggunakannya seperti layaknya baterai AA, yang ukurannya sedikit lebih besar. Namun berkat konektivitas Bluetooth dan aplikasi tambahan yang dapat dipasang pada peranti Apple iOS, seperti iPhone, iPad, dan iPod
Touch, kita mendapatkan kemampuan lebih.

Karena kita dapat mengendalikan baterai AA dari jarak jauh, secara efektif kita juga memperoleh kendali atas perangkat elektronik yang menggunakan baterai yang sudah ditambahkan dengan Tethercell itu.


Pengendalian utama yang bisa dilakukan adalah menghidupkan dan mematikan perangkat elektronik dengan baterai Tethercell dari jarak jauh, dengan aplikasi khusus.

Berkat aplikasi Tethercell ini, kita juga dapat mengatur penggunaan baterai, misalnya menjadwalkan lama pemakaian atau mematikan dan menghidupkan perangkat elektronik pada jam-jam tertentu.

Tethercell juga dapat memberitahukan ponsel bahwa baterai yang dipantaunya sudah hampir habis dan perlu diganti.


Meskipun baterai AAA yang menggunakan Tethercell hanya menggantikan satu baterai AA, ini bukan masalah buat perangkat yang menggunakan lebih dari satu butir baterai.

Adapter ini dapat memantau dan mengendalikan juga baterai-baterai lain yang sama-sama terpasang.


Karena itu kita cukup menggunakan satu Tethercell untuk satu perangkat. Banyak kemungkinan yang terbuka buat penggunaan Tethercell ini, karena pada saat ini banyak perangkat yang tenaga listriknya dipasok oleh baterai AA.

Mainan, pengendali konsol permainan, senter kecil dan papan ketik nirkabel adalah beberapa contoh.


Dalam video demonstrasi Tethercell terlihat pemiliknya mampu mengendalikan berbagai
perangkat elektronik pada satu tempat. Pengguna misalnya dapat menghidupkan dan mematikan
lampu sepeda dari jarak jauh. Jika baterai kendali permainan hampir habis, pemilik juga bisa diingatkan.

Tethercell menggunakan teknologi Bluetooth 4.0, yang memiliki jangkauan sekitar 18 meter lebih. Tetherboard menyatakan dalam pengujiannya mereka bisa mencapai jarak 100
kaki, sekitar 30 meter.

Versi terbaru Bluetooth ini mendukung fitur low energy, yang memungkinkan Tethercell hanya menyerap energi sedikit saja dari baterai AAA yang memberinya daya.


Tertarik menggunakan baterai cer das ini? Meskipun purwarupanya sudah dipamerkan dalam acara CES, kita masih perlu menunggu beberapa bulan lagi sebelum mendapatkan Tethercell di pasar.


Tetherboard berencana akan mengirimkan produknya Juni 2013 kepada pemesan awal. Produk ini
nantinya juga akan mendukung perangkat Android. (sut)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Gombang Nan Cengka

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top