Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

CUACA BURUK: PLN Area Kalimantan Bersihkan Ranting, Hindari Gesekan Arus Listrik

BALIKPAPAN--PT PLN (Persero) Area Kalimantan membersihkan ranting pohon di sepanjang jalur transmisi tegangan menengah guna menghindari terjadinya gesekan yang berpotensi mengganggu aliran listrik akibat cuaca buruk.
- Bisnis.com 23 Januari 2013  |  16:03 WIB

BALIKPAPAN--PT PLN (Persero) Area Kalimantan membersihkan ranting pohon di sepanjang jalur transmisi tegangan menengah guna menghindari terjadinya gesekan yang berpotensi mengganggu aliran listrik akibat cuaca buruk.

Manager Eksternal dan Hukum PT PLN Area Kaltim Imam Taufik mengatakan pembersihan ranting tersebut difokuskan pada Sistem Mahakam yang sebagian besar melalui kawasan hutan.

Sistem Mahakam merupakan sistem jaringan listrik untuk melayani tiga kota di Kaltim yakni Balikpapan, Samarinda dan Kutai Kartanegara.
 

"Sebelumnya memang selalu dilakukan pembersihan secara reguler. Kebetulan karena cuaca memang sedang tidak bersahabat, kami tingkatkan frekuensinya," kata Imam, Rabu (23/1/2013).
 

Dia menyebutkan gangguan distribusi listrik akan terjadi apabila terjadi gesekan antara ranting pohon dan kabel jaringan.

Kondisi hutan yang rimbun yang dilalui oleh bentangan jaringan meningkatkan risiko terjadinya gesekan tersebut.
 

Beberapa waktu lalu, tambahnya, pemadaman harus dilakukan akibat faktor cuaca semacam ini. Akibatnya, beberapa daerah yang berhubungan dengan jaringan yang rusak harus menunggu hingga perbaikan selesai dilakukan.
 

Imam menyebutkan target waktu perbaikan yang dilakukan oleh teknisi di lapangan maksimal selama 3 jam. Namun, lama waktu itu bisa bertambah tergantung dari kondisi kerusakan di lapangan.
 

"Kalau sampai tiangnya ikut tertarik akibat pohonnya rubuh, tentu lebih lama karena harus ada penyiapan alat," ujarnya.
 

Informasi dari masyarakat juga diperlukan apabila melihat potensi gangguan terhadap jaringan. Pihaknya tentu akan berterima kasih karena informasi tersebut akan membantu mencegah terjadinya gangguan distribusi listrik. (K46)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Wiwiek Dwi Endah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top