Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RUSUH ETNIS SUMBAWA: Mangku Pastika angkat bicara, minta warga Bali tak terpengaruh

DENPASAR: Gubernur Bali Made Mangku Pastika meminta masyarakatnya tidak terpancing kerusuhan yang terjadi di Sumbawa Besar, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.Aparat pemerintah dan aparat keamanan di sana sudah mengambil langkah-langkah yang

DENPASAR: Gubernur Bali Made Mangku Pastika meminta masyarakatnya tidak terpancing kerusuhan yang terjadi di Sumbawa Besar, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

"Aparat pemerintah dan aparat keamanan di sana sudah mengambil langkah-langkah yang tepat untuk menyelesaikan masalah itu," katanya di sela-sela Rapat Kerja Evaluasi Program Pembangunan Bali Semester II/2012, di Denpasar, Rabu (23/01).

Pastika menyampaikan bahwa dia juga sudah berkomunikasi melalui telepon dengan Kapolda dan Gubernur NTB pada Selasa (22/1) malam.

"Saya tanyakan pemicu kerusuhan memang karena kesalahpahaman, tidak ada masalah yang serius sesungguhnya. Tetapi kemudian ada provokasi sehingga Hotel Tambora, hotel pertama di sana dan satu toko punya pemilik hotel itu sendiri yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan peristiwa kecelakaan lalu lintas itu, dibakar," ujarnya.

Ia menjelaskan, kejadian bermula dari putra Bali yang kebetulan anggota Polri bernama Brigadir I Gede Eka Suarjana, keluar bermalam Minggu bersama kekasihnya bernama Arniati warga asli keturunan Sumbawa, menggunakan sepeda motor dengan cara berboncengan.

"Kemudian terjadi kecelakaan. Yang putri meninggal, sedangkan yang putranya luka parah sehingga tidak bisa dirawat di Sumbawa dan harus dirujuk ke Mataram," katanya.

Tetapi inilah, lanjut dia, seolah-olah ada perkosaan, pembunuhan. Padahal itu murni adalah kecelakaan lalu lintas dan banyak saksinya.

"Jadi saya memohon kepada seluruh masyarakat Bali dimana pun berada jangan terpancing oleh hal-hal seperti ini," kata Pastika. (Antara/Bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper