Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KORUPSI KEMENDIKNAS: KPK Diminta Perluas Penyidikan

JAKARTA—Indonesian Corruption Watch meminta Komisi Pemberantasan Korupsi memperluas pemeriksaan dan penyidikan atas kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam pengelolaan anggaran Inspektorat Jenderal (Itjen) Departemen Pendidikan Nasional Tahun

JAKARTA—Indonesian Corruption Watch meminta Komisi Pemberantasan Korupsi memperluas pemeriksaan dan penyidikan atas kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam pengelolaan anggaran Inspektorat Jenderal (Itjen) Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2009, menyusul ditahannya tersangka MS, mantan Irjen Kemendiknas oleh KPK kemarin.

Peneliti ICW Siti Juliantari Rachman mengatakan penangkapan MS dinilai terlalu lamban, mengingat dia telah menjadi tersangka sejak tahun 2011 lalu.

Dia mengatakan paska penangkapan itu, KPK juga harus segera memperluas penyidikan ke pihak lain, yang juga kemungkinan terlibat dalam kasus tersebut, sebagai saksi untuk mencari kemungkinan pelaku lainnya.

"Bahkan, kasus ini juga dimungkinkan untuk memeriksa Menteri, karena pada dasarnya menteri mendapatkan laporan dari Irjen yang berada langsung dibawahnya," ujarnya hari ini,  Selasa (22/1/2013).

Selain itu, Tari mengatakan kasus dugaan korupsi itu juga telah merugikan negara cukup besar, yaitu sekitar Rp39 miliar dalam pengelolaan anggaran Itjen Kemendiknas 2009 lalu.

Menurutnya, dengan angka penyelewengan yang besar itu, aka sangat besar kemungkinan pelakunya lebih dari satu orang, sehingga diharapkan KPK segera dapat menindak pelaku tersebut secepatnya.

Bahkan, katanya, KPK juga diminta menindaklanjuti temuan yang memanipulasi data perjalanan dinas pegawai, yang kejadiannya masih terjadi dalam tahun selanjutnya.

"Di 2010 saja, BPK masih menemukan dugaan korupsi penyelewengan anggaran dinas perjalanan ini. Karena itu kami harap KPK terus mendalami kasus ini, hingga semua yang terlibat dapat ditindak," tambahnya.   (sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper