Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SAHAM NEWMONT: BUMN keuangan siapkan pembelian

JAKARTA: Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di sektor keuangan akan dipersiapkan untuk mengeksekusi pembelian saham 7% milik PT Newmont Nusa Tenggara.Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan pengambilalihan itu tak harus dilakukan BUMN tambang,
- Bisnis.com 22 Januari 2013  |  22:02 WIB

JAKARTA: Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di sektor keuangan akan dipersiapkan untuk mengeksekusi pembelian saham 7% milik PT Newmont Nusa Tenggara.

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan pengambilalihan itu tak harus dilakukan BUMN tambang, tetapi bisa dilakukan oleh BUMN sektor keuangan.

Hal itu disebabkan kendali penambangan masih dipegang oleh Newmont sebagai pemilik saham mayoritas secara operasional.

"Untuk mengambil itu, bisa Danareksa atau BUMN keuangan lainnya, bukan tambang. Pada prinsipnya kan saham 7% ini bukan mengoperasikan, tetapi hanya memilikinya," tuturnya usai menggelar rapat pimpinan di Plaza Mandiri, Jakarta, Selasa (22/1/2013).

Divestasi saham tersebut, kata Dahlan, masih belum menemukan solusi. Hal itu disebabkan Kementerian Keuangan dilarang untuk membeli saham tersebut, tanpa persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Oleh karena itu, pemerintah sedang mencari celah untuk pembelian divestasi saham Newmont tanpa melalui izin DPR, salah satu caranya dengan mengerahkan BUMN.

Perusahaan milik pemerintah siap untuk mengambil alih sisa saham 7% itu, menunggu perintah dari pemerintah, yakni Kementerian Koordinator Perekonomian.

"BUMN sebenarnya siap, hanya menunggu perintah dan diposisikan tidak dalam merebut," katanya.  (ra)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Rustam-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top