Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

GEMPA ACEH: Terjadi 10 Kali Lebih Susulan

BANDA ACEH: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Mata Ie Banda Aceh, Provinsi Aceh mencatat hinggga pukul 13.00 WIB gempa susulan terjadi lebih dari 10 kali, pascaguncangan berkekuatan 6,0 Skala Richter pukul 05.22 WIB.  Kepala
News Editor
News Editor - Bisnis.com 22 Januari 2013  |  14:28 WIB

BANDA ACEH: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Mata Ie Banda Aceh, Provinsi Aceh mencatat hinggga pukul 13.00 WIB gempa susulan terjadi lebih dari 10 kali, pascaguncangan berkekuatan 6,0 Skala Richter pukul 05.22 WIB.  

Kepala Stasiun Geofisika Mata Ie Banda Aceh Syahnan menyebutkan setelah gempa utama berkekuatan 6,0 SR lebih dari 10 kali gempa susulan yang mengguncang Aceh dengan kekuatan lebih rendah.

"Hanya sekali saja gempa yang bisa dirasakan manusia, yaitu 5,1 Skala Richter. Selebihnya tidak dirasakan karena kekuatannya berkisar 3 hingga 4 Skala Richter,” jelas Syahnan. 

Menurut Syahnan, lokasi gempa susulan berada tidak jauh dari lokasi gempa utama, yaitu di koordinat 5.49 Lintang Utara – 95.21 Bujur Timur, di 15 kilometer Barat Daya Banda Aceh. Syahnan mengimbau agar warga tidak panik menghadapi gempa.

Gempa menyebabkan sejumlah rumah dan sarana ibadah di Kecamatan Geumpang, Mane, dan Tangse, Pidie, rusak. Sementara seorang bocah berusia sembilan tahun meninggal dan tujuh warga lainnya luka-luka. (bas)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Zulkarnain Muchtar

Editor : Bambang Supriyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top