Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TAMBANG EMAS: Pemkab Tapanuli Selatan Akan Terbitkan Izin Air Limbah Agincourt

MEDAN: Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan akan mengeluarkan izin pengaliran air limbah kegiatan pertambangan emas PT Agincourt Resources dari Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) ke hulu Sungai Batangtoro.Izin tersebut menyusul hasil uji laboratorium
- Bisnis.com 22 Januari 2013  |  13:36 WIB

MEDAN: Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan akan mengeluarkan izin pengaliran air limbah kegiatan pertambangan emas PT Agincourt Resources dari Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) ke hulu Sungai Batangtoro.

Izin tersebut menyusul hasil uji laboratorium yang dipublikasikan Senin (21/1) menunjukan kandungan logam air sisa di bawah baku mutu KepmenLH No.202/2004 tentang Baku Mutu Air Limbah bagi Usaha dan atau Kegiatan Pertambangan Bijih Emas dan atau Tembaga.

Berdasarkan rilis yang diterima Bisnis, Selasa (22/1), pengujian air sisa proses ini merupakan rekomendasi Forum Komunikasi Pemimpin Daerah (FKPD) pada 14 Nopember 2012 untuk menguji air sisa proses ke tiga laboratorium independen. Antara lain PT Intertek Utama Service, PT ALS Indonesia dan Pusarpedal KLH.

Sampel air sisa proses diambil dari tiga titik di Sungai Batangtoru yakni 20 meter di atas titik akhir pengaliran air sisa proses, pada titik akhir pengaliran air sisa proses dan 30 meter di bawah titik akhir pengaliran air sisa proses.

Adapun kandungan logam yang diteliti oleh ketiga laboratorium, antara lain: tingkat keasaman air (pH), TSS, kadmium (Cd), kromium (Cr), merkuri (Hg), nikel (Ni), sianida (CN), arsen (As), tembaga (Cu), timbal (Pb), dan seng (Zn).

“Setelah dilakukan pengujian terhadap sampel air sisa proses, hasilnya menunjukkan, kandungan logam di ketiga titik berada dibawah ambang baku mutu yang ditetapkan dalam KepMenLH no 202/2004. Selanjutnya, berdasarkan hasil uji laboratorium, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan akan mengeluarkan Ijin Pengaliran Air Limbah Ke Sungai Batangtoru,” tulis rilis tersebut. (bas)
 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Bambang Supriyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top