Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BUNGA POTONG: Pengiriman ke Jakarta Terhenti Akibat Banjir

BATU—Pengiriman bunga potong asal Kota Batu Jawa Timur ke Jakarta masih terkendala banjir. Dan untuk sementara dihentikan sambil menunggu situasi menjadi normal kembali.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 21 Januari 2013  |  19:48 WIB

BATU—Pengiriman bunga potong asal Kota Batu Jawa Timur ke Jakarta masih terkendala banjir. Dan untuk sementara dihentikan sambil menunggu situasi menjadi normal kembali.

Pemilik CV Arjuna Flora Kota Batu yang juga Ketua Gapoktan Mitra Arjuna Kota Batu Luki Budiarti mengatakan selama terjadi musibah banjir di Jakarta pengiriman hanya dilakukan selama dua kali.

“Setelah itu terpaksa dihentikan karena terkendala transportasi akibat banjir yang melanda Jakarta,” katanya kepada Bisnis hari ini, Senin (21/1/2013).

Selama ini pengiriman bunga potong asal Kota Batu ke Jakarta banyak ditempuh dengan menggunakan kereta api (KA) dan pesawat terbang. Namun seiring banjir yang melanda Jakarta maka pengiriman bunga potong menjadi terkendala.

Karena itu guna menghindari terjadinya resiko kerugian akibat banjir pengiriman terpaksa dihentikan hingga menunggu situasi banjir kembali normal. Jika banjir reda maka jalur pengambilan kiriman bunga juga menjadi lancar.

        

“Jalur transportasi dengan KA dan pesawat kami tempuh untuk mengejar waktu karena bunga potong langsung digunakan untuk kebutuhan dekorasi pesta pernikahan maupun kematian,” jelas dia.

Ditambahkan kendati banjir mulai surut namun sebagian besar wilayah di Jakarta masih terendam utamanya di Jakarta Utara seperti kawasan Pluit dan sekitarnya.

Kalau pengiriman dipaksakan dikuatirkan bunga potong akan terjebak di lokasi. Mengingat selama ini pembeli di Jakarta yang sebagian besar adalah pemilik toko bunga kesulitan untuk mengambil kiriman bunga potong tersebut karena terjebak banjir.

“Terhentinya pengiriman ini membuat kami harus menanggung kerugian hingga jutaan rupiah. Karena dalam sekali pengiriman ke Jakarta nilainya mencapai Rp2 juta-Rp3 juta dan itu biasanya dilakukan setiap hari,” ujarnya.

Pihaknya berharap banjir di Jakarta segera surut sehingga pengiriman bunga potong bisa kembali berjalan lancar. Karena jika pengiriman terpaksa terhenti kerugian yang dialami petani bunga potong di Batu cukup besar. Mengingat Jakarta selama ini merupakan pangsa pasar yang potensial.

Petani bonsai asal Sidomulyo Kota Batu Heri S., mengatakan banjir yang berlangsung di Jakarta berpengaruh besar terhadap jadwal pengiriman aneka jenis bunga ke Jakarta.

“Karena tidak hanya bunga potong saja namun juga bunga hias maupun aneka jenis tanaman lainnya untuk kebutuhan dekorasi taman asal Kota Batu,” tambah dia. (sut)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Mohammad Sofi`i

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top