Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BANJIR JAKARTA: Pengusaha Ditaksir Derita Kerugian Di Atas Rp1 Triliun

JAKARTA-Nilai kerugian yang ditanggung pelaku usaha akibat bencana banjir yang melanda Ibu Kota diperkirakan di atas Rp1 triliun.
- Bisnis.com 21 Januari 2013  |  18:15 WIB

JAKARTA-Nilai kerugian yang ditanggung pelaku usaha akibat bencana banjir yang melanda Ibu Kota diperkirakan di atas Rp1 triliun.

“Kita lagi hitung, tapi yang jelas pasti lebih Rp1 triliun, lihat saja retail seperti Carrefour yang omzetnya bisa Rp70 miliar per hari kalau banjir tentu potential loss-nya besar,” kata Irwan M Hutasoit, Wakil Ketua Bidang Investasi dan Perdagangan Kadin DKI Jakarta, hari ini (21/1).

Karena dampaknya yang besar, Kadin DKI meminta pemerintah untuk segera membereskan masalah tahunan yang selalu diderita Jakarta ini. Apalagi di wilayah Jakarta dan sekitarnya, industri didominasi oleh high value industry seperti otomotif dan elektronik yang membutuhkan modal besar.

Sebelumnya Wakil Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang  menaksir kerugian dapat berada dikisaran Rp2 miliar per jam akibat bencana banjir. Kerugian terutama diderita oleh industri niaga dan perdagangan akibat distribusi barang yang tidak lancar. Adapun, kegiatan ekspor dan impor di Pelabuhan Tanjung Priok juga pasti terganggu.

Selain niaga, transaksi bisnis dan kegiatan produksi juga akan tertunda "Kerja tidak efektif, seperti di kawasan industri Pulogadung. Buruh tidak masuk karena tidak bisa tembus jalan,” tuturnya. (10/yus)
 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Yusran-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top