Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BANJIR JAKARTA: Banjir surut, tapi rob masih tinggi

JAKARTA--Setelah curah hujan menurun dalam dua hari terakhir, permukaan air di sejumlah sungai di wilayah Jakarta pada level aman. Hanya kawasan Penjaringan, Jakarta Utara, yang masih terendam, karena dilanda rob.Kepala Pusat Data Informasi dan Humas

JAKARTA--Setelah curah hujan menurun dalam dua hari terakhir, permukaan air di sejumlah sungai di wilayah Jakarta pada level aman. Hanya kawasan Penjaringan, Jakarta Utara, yang masih terendam, karena dilanda rob.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan tinggi muka air sungai menurun pada pada level siaga III dan IV, setelah berkurangnya hujan selama dua hari terakhir.

"Artinya aman dari ancaman banjir," ujarnya dalam pesan tertulis, malam ini (20/01).

Berdasarkan data BNPB posisi tinggi muka air sungai pada Minggu (20/01) pukul 18:00 WIB sungai Angke Hulu 140cm (siaga IV), Pesanggrahan 90cm  (siaga IV), Krukut Hulu 80cm (siaga IV), Katulampa 90cm (siaga III).

Kemudian Depok 160cm (siaga IV), Manggarai 750cm (siaga IV), Cipinang Hulu 80cm (siaga IV), Sunter Hulu 50cm  (siaga IV), Karet 460 cm (siaga III), Pulogadung 365cm (siaga IV), dan Pasar Ikan 120cm (siaga IV).

Sutopo menyampaikan di beberapa tempat yang masih tergenang banjir seperti di Pluit, Penjaringan, Muara Angke dan beberapa daerah lain di dekat pantai. Pasalnya pengaruh rob dan pengaruh air banjir sebelumnya yang tidak dapat mengalir ke laut.

"Sistem pompa di Waduk Pluit juga belum beroperasi karena masih terendam," paparnya.

Diprediksikan pasang tertinggi terjadi besok Kamis (24/1) hingga Sabtu (26/1) yang mencapai 1 meter antara pukul 09.09 – 09.46 WIB.

Adapun besok Senin (21/1) pukul 08.10 pasang diperkirakan setinggi 0,94 meter. Selasa (22/1) setinggi 0,97 meter, Rabu (23/1) setinggi 0,99 meter. Minggu (27/1) hingga akhir Januari diperkirakan kurang dari 1 meter.

"BMKG memperkirakan peluang hujan lebat terjadi minggu depan. Masyarakat dihimbau tetap waspada," tambahnya. (Bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper