Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PETANI JAMBI dekati Jakarta gugat lahan hutan

- Bisnis.com 19 Januari 2013  |  09:41 WIB
JAKARTA: Para petani Jambi yang melakukan aksi jalan kaki dari provinsi tersebut kini tengah menuju Pulau Jawa dengan menaiki ferry dari Pelabuhan Bakauheni. 
 
Hari ini adalah hari ke-39 mereka melakukan aksi protes atas perampasan tanah. 
 
Ketua KPP Serikat Tani Nasional (STN) Yoris Sindhu mengatakan pada pukul 07.15 WIB, kapal Jatra 1 beranjak meninggalkan Dermaga 2 Pelabuhan Bakauheni. 
 
Kapal tersebut adalah kapal yang mengangkut sekitar 35 petani Jambi yang melakukan aksi jalan kaki.
 
"Hari ke-39, pukul 07.15 WIB, kapal Jatra 1 meninggalkan Pulau Sumatra menuju Pulau Jawa," kata Yoris dalam pesan pendeknya kepada Bisnis. "Di atasnya mengangkut para petani yang akan melanjutkan aksi jalan kaki."
 
Dia mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih atas segala bantuan yang mengalir kepada para petani Jambi selama di Sumatra. 
 
Yoris menuturkan mereka akan melakukan aksi jalan kaki dengan menelusuri kawasan Pantai Utara Jawa (Pantura) menuju Jakarta. 
 
Tuntutan para petani Jambi adalah Kementerian Kehutanan dapat mengembalikan  lahan warga dalam bentuk Hutan Tanaman Rakyat (HTR). 
 
Sedangkan kasus untuk Suku Anak Dalam 113, warga meminta agar pemerintah segera melakukan keputusan Badan Pertanahan Nasional (BPN) dalam enklave lahan mereka. 
 
Perusahaan yang terlibat konflik adalah PT Restorasi Ekosistem Indonesia (REKI), PT Agronusa Alam Sejahtera dan PT Asiatic Persada, yang dimiliki Wilmar Group.  (ra)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Rustam-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top