Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JAKARTA: Para petani Jambi yang melakukan aksi jalan kaki dari provinsi tersebut kini tengah menuju Pulau Jawa dengan menaiki ferry dari Pelabuhan Bakauheni. 
 
Hari ini adalah hari ke-39 mereka melakukan aksi protes atas perampasan tanah. 
 
Ketua KPP Serikat Tani Nasional (STN) Yoris Sindhu mengatakan pada pukul 07.15 WIB, kapal Jatra 1 beranjak meninggalkan Dermaga 2 Pelabuhan Bakauheni. 
 
Kapal tersebut adalah kapal yang mengangkut sekitar 35 petani Jambi yang melakukan aksi jalan kaki.
 
"Hari ke-39, pukul 07.15 WIB, kapal Jatra 1 meninggalkan Pulau Sumatra menuju Pulau Jawa," kata Yoris dalam pesan pendeknya kepada Bisnis. "Di atasnya mengangkut para petani yang akan melanjutkan aksi jalan kaki."
 
Dia mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih atas segala bantuan yang mengalir kepada para petani Jambi selama di Sumatra. 
 
Yoris menuturkan mereka akan melakukan aksi jalan kaki dengan menelusuri kawasan Pantai Utara Jawa (Pantura) menuju Jakarta. 
 
Tuntutan para petani Jambi adalah Kementerian Kehutanan dapat mengembalikan  lahan warga dalam bentuk Hutan Tanaman Rakyat (HTR). 
 
Sedangkan kasus untuk Suku Anak Dalam 113, warga meminta agar pemerintah segera melakukan keputusan Badan Pertanahan Nasional (BPN) dalam enklave lahan mereka. 
 
Perusahaan yang terlibat konflik adalah PT Restorasi Ekosistem Indonesia (REKI), PT Agronusa Alam Sejahtera dan PT Asiatic Persada, yang dimiliki Wilmar Group.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :
Editor : Rustam-nonaktif

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper