Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

UU TENAGA KERJA: Pengusaha seputar Yogyakarta makin patuh

YOGYAKARTA: Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY mengklaim tingkat kepatuhan perusahaan dalam menjalankan kewajiban berdasarkan UU khususnya terkait perlindungan terhadap keselamatan pekerja cukup tinggi. 
- Bisnis.com 19 Januari 2013  |  09:01 WIB

YOGYAKARTA: Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY mengklaim tingkat kepatuhan perusahaan dalam menjalankan kewajiban berdasarkan UU khususnya terkait perlindungan terhadap keselamatan pekerja cukup tinggi. 

 
Kepala Sesi Pengawasan Disnakertrans DIY Andri Budirasmini mengatakan dari tahun ke tahun kepatuhan perusahaan dalam memenuhi ketentuan UU Tenaga Kerja terus meningkat. 
 
"Kepatuhan para pengusaha sangat baik. Misalnya mengenai perlindungan keselamatan kerja dengan mendaftarkan Jamsostek dan standar operasional lain telah terpenuhi,” katanya, Jumat (18/1/2013). 
 
Perlindungan atas keselamatan pekerja, jelasnya, merupakan kewajiban seluruh perusahaan. Terkait hal tersebut, ujar Andri, masyarakat diharapkan lebih sadar atas haknya sebagai pekerja. 
 
Kewajiban atas perlindungan tersebut, katanya, tidak terkecuali bagi pekerja bangunan. 
 
“Bagi pekerja bangunan perlindungan keselamatan kerja tersebut merupakan kewajiban penyelenggara proyek. Penyelenggara proyek harus mendaftarkan seluruh pekerjanya dalam Jamsostek,” jelasnya. 
 
Andri mengatakan bagi perusahaan yang tidak memenuhi kewajiban tersebut akan mendapat sanksi sesuai peraturan yang berlaku. 
 
Untuk menekan terjadinya penyelewengan oleh perusahaan, ujarnya, Disnakertrans terus melakukan pengawasan. 
 
Perlindungan atas keselamatan kerja ini tidak membedakan jenis kelamin. Selama statusnya adalah pekerja makan hak atas hal tersebut adalah sama. 
 
"Kalau ada kesulitan dalam mendapat hak tersebut laporkan pada kami,” tegasnya.  (ra)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Rustam-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top