Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BENCANA: Jakarta banjir, masih ada 7 daerah lain yang kritis luapan sungai

JAKARTA: Banjir DKI Jakarta menjadi prioritas pertama penanganan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Tapi masih ada tujuh daerah lain di Indonesia yang memiliki potensi banjir yang dosebabkan luapan air sungai yang harus diwaspadai oleh
News Editor
News Editor - Bisnis.com 19 Januari 2013  |  01:22 WIB

JAKARTA: Banjir DKI Jakarta menjadi prioritas pertama penanganan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Tapi masih ada tujuh daerah lain di Indonesia yang memiliki potensi banjir yang dosebabkan luapan air sungai yang harus diwaspadai oleh masyarakat.


Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan Jakarta fokus penanggulangan adalah luapan sungai Ciliwung. Tapi Banten punya sungai Ciujung yang harus diwaspadai, Bandung sungai Citarum, Jawa Tengah sampai Jawa Timur dilewati sungai Bengawan Solo, dan Jawa Tengah sungai Jeragung Selura.


Sedangkan luar Jawa yang punya potensi banjir besar adalah Sulawesi Selatan, Kalimantan dengan muara sungai Kapuas dan Barito dan Sumatra di Provinsi Jambi sungai Batanghari. "Itu yang kami prioritaskan untuk bencana banjir, artinya potensi banjir tidak hanya ada di Jakarta tapi juga daerah lain" kata Sutopo, Kamis (18/1/2013).


Curah hujan tinggi juga beresiko terjadi tamah longsor di sepanjang bukit barisan mulai dari Banten sampai Jawa Timur yang melewati tengah pulau Jawa. Begitu juga ancaman banjir lahar dingin di Merapi, Semeru, Gamalama dan Lokon.


Sutopo menambahkan dengan adanya ancaman banjir itu, BNPB sudah melakukan persiapan. Perlu diketahui puncak banjir akhir Januari sampai Februari. Sehingga ancaman banjir seperti Jakarta bakal terjadi sampai Februari. "Pada 2002 dan 1996 puncak kejadiannya bulan Februari dengan rata rata curah hujan per bulan 400 milimeter per detik," jelasnya. (arh)



 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Akhirul Anwar

Editor : Aprika Rani Hernanda

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top