Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BANJIR JAKARTA: Pemda DKI dan Bogor mesti sinergi atasi bencana

JAKARTA: Pengamat Tata Kota Universitas Universitas Trisakti Yayat Supriyatna mengatakan perlunya ada sinergisme penataan ruang antara DKI Jakarta dan Bogor agar terdapat penyelesaian masalah banjir di Ibukota. Menurutnya, sinergisme itu diperlukan
- Bisnis.com 19 Januari 2013  |  00:13 WIB

JAKARTA: Pengamat Tata Kota Universitas Universitas Trisakti Yayat Supriyatna mengatakan perlunya ada sinergisme penataan ruang antara DKI Jakarta dan Bogor agar terdapat penyelesaian masalah banjir di Ibukota.
 
Menurutnya, sinergisme itu diperlukan karena zonasi kedua kawasan itu saling berkaitan. Namun, lanjutnya, hal itu belum terwujud saat ini.
 
“Zonasi kawasan Bogor itu sebetulnya masih satu saudara dengan Jakarta. Dari sisi ekologis, misalnya  sungainya, [tetapi] tata ruangnya tidak kompak,” katanya kepada Bisnis, Jumat (18/1).
 
Dia menilai daerah-daerah resapan di kawasan Bogor mengalami pengurangan karena harus memenuhi target perekonomiannya. Ditambah lagi, imbuhnya, jumlah kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Jakarta juga tidak memadai.
 
Kondisi topografi Jakarta, lanjutnya, memang menjadikan wilayah ini mendapat aliran air yang lebih besar karena posisinya lebih rendah daripada Bogor. Namun, Yayat tidak menyetujui kalau itu disebut sebagai banjir kiriman. (arh)


 
 
 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Aprika Rani Hernanda

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top