Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HUNIAN HOTEL: Permintaan meningkat Jelang Pilkada Sumut

MEDAN: Tingkat hunian hotel di Medan meningkat menyusul akan diselenggaraknnya pemilihan kepala daerah (Pilkada) Gubernur Sumut 7 Maret 2013.

MEDAN: Tingkat hunian hotel di Medan meningkat menyusul akan diselenggaraknnya pemilihan kepala daerah (Pilkada) Gubernur Sumut 7 Maret 2013.

Pengamatan Bisnis di Medan menunjukkan beberapa hotel bintang tiga di Medan penuh sesak oleh tim sukses calon gubernur Sumut yang akan bertarung 7 Maret 2013.

Misalnya, Antares Hotel, dipenuhi tamu Effendi  MS Simbolon-Jumiran Abdi yang silih berganti dari daerah dan Jakarta.

Demikian juga  Madani Hotel dipenuhi  pendukung Partai Keadilan Sejahtera.  Adapun Grand Delta Hotel (bintang 4) penuh tamu dari tim sukses yang datang dari kabupaten dan kota di Sumatra Utara.

Seoarang warga Jakarta yang kebetulan pulang kampung, tampak kesulitan mencari hotel bintang tiga yang lebih murah tarifnya. “Saya sulit dapat kamar. Soalnya beberapa hotel bitang tiga di Medan sudah terisi penuh,” ujar Umar Said, warga Aceh yang mau pulang ke Singkil.

Dia biasanya menginap di Madani Hotel Medan yang berkonsep syariah. “Saya biasa ngingap di Madani Hotel karena tidak mendapatkan gangguan dari perempuan malam. Sebelum ada Madani Hotel, saya merupakan langganan Garuda Plaza Hotel,” tuturnya.

Seorang petugas Hotel Antares mengaku tamu-tamu dari luar kota selalu banyak yang datang. “Ada dari Jakarta, kabupaten dan kota di Sumut. Saya lihat mereka pakai atribut PDI-P [Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan],” ujar Charles, petugas Security Antares Hotel.

Dia mengakui sejak November 2013, hotel itu terus penuh dengan para tamu dari Jakarta dan daerah di Sumut. “Ada yang dari Nias, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, dan Kabupaten Tapanuli Tengah,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumut Layari S Kaban membenarkan ada peningkatan tingkat hunian hotel di Sumut jelang Pilkada Gubsu berlangsung.

“Pilkada [Gubernur Sumut] kan memobilisasi orang. Tentu para tamu menginap di hotel. Ada peningkatan yang signifikan tingkat hunian hotel di Medan dan daerah kabupaten dan kota di Sumut,” ujarnya.

Kalau tahun lalu, kata dia, tingkat hunian hotel berbintang di Medan antara 60%-70%. Saat ini, paparnya, tingkat hunian hotel berbintang di Medan rata-rata 80%-90%,” tuturnya.

Selain karena Pilkada, tambahnya, tentu libur akhir tahun juga ikut memengaruhi tingkat penghunian hotel di daerah ini karena para perantau sudah memilih hotel sebagai tempat penginapan kalau pulang kampung.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, menurut anggota DPRD Sumut ini, perantau yang pulang kampung masih ada yang menginap di rumah keluarga. “Ini merupakan langkah positif yang mampu menambah tingkat hunian hotel yang terus bertambah di daerah ini,” tuturnya.(msb)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :
Editor : Martin-nonaktif
Sumber : Master Sihotang

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper