Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

WAPRES BOEDIONO Minta Forum Rektor Kawal Pemilu

SEMARANG – Wakil Presiden Boediono berharap Forum Rektor Indonesia aktif mengawal proses pemilihan umum pada masa mendatang, seperti yang telah pernah dilakukan sebelumnyaMenurut Wapres, pada tahun ini dan tahun depan, Indonesia akan disibukkan
- Bisnis.com 18 Januari 2013  |  15:00 WIB

SEMARANG – Wakil Presiden Boediono berharap Forum Rektor Indonesia aktif mengawal proses pemilihan umum pada masa mendatang, seperti yang telah pernah dilakukan sebelumnya

Menurut Wapres, pada tahun ini dan tahun depan, Indonesia akan disibukkan oleh kegiatan-kegiatan politik menuju pemilihan wakil-wakil rakyat di Parlemen dan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, serta Pemilihan Kepala Daerah.

“Seperti di waktu-waktu lalu, Forum Rektor Indonesia kita harapkan juga akan ikut mengawalnya,” ujar Wapres dalam pembukaan Konvensi Kampus IX dan Temu Tahunan Forum Rektor Indonesia (FRI) XV, Jumat (18/1/2013).

Menurutnya, Indonesia berharap setiap siklus yang dilalui membawa peningkatan kualitas pada demokrasi kita.  Apalagi, dunia internasional telah memberikan apresiasi tinggi pada reformasi dan transisi demokrasi Indonesia.

“Tapi itu tentu tidak boleh membuat kita puas diri.  Karena, kita sendiri yang berada di dalam pusaran proses itu, tahu dan merasakan bahwa banyak hal yang masih harus kita mantapkan, kita tata dan kita luruskan.  Suatu work in progress yang penuh tantangan,” ujarnya.

Menurutnya, salah satu yang bisa didambakan dan wajib diupayakan dalam putaran proses demokrasi kali ini adalah peningkatan kualitas para pejabat tingkat nasional dan daerah, yang dipilih rakyat pada 2014 nanti.
“Peningkatan kualitas, baik dari segi kemampuannya maupun dari segi integritasnya,” ujarnya.

Menurut Wapres, Forum Rektor dapat berkontribusi mengenai hal ini. Misalnya, dapat membantu para pemilih di daerah masing-masing untuk mendapatkan informasi obyektif mengenai calon-calon yang mereka akan pilih.

“Salah satu hal sederhana tapi efektif untuk menguji integritas para calon adalah kesediaan mereka untuk menyampaikan kepada publik informasi mengenai laporan kekayaannya, track record pembayaran pajak mereka serta penyelesaian kewajiban-kewajiban lainnya kepada negara. Forum Rektor patut mendukung kegiatan seperti ini,” ujarnya. (spr)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sylviana Pravita RKN

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top