Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WAPRES BOEDIONO Minta Forum Rektor Kawal Pemilu

SEMARANG – Wakil Presiden Boediono berharap Forum Rektor Indonesia aktif mengawal proses pemilihan umum pada masa mendatang, seperti yang telah pernah dilakukan sebelumnyaMenurut Wapres, pada tahun ini dan tahun depan, Indonesia akan disibukkan

SEMARANG – Wakil Presiden Boediono berharap Forum Rektor Indonesia aktif mengawal proses pemilihan umum pada masa mendatang, seperti yang telah pernah dilakukan sebelumnya

Menurut Wapres, pada tahun ini dan tahun depan, Indonesia akan disibukkan oleh kegiatan-kegiatan politik menuju pemilihan wakil-wakil rakyat di Parlemen dan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, serta Pemilihan Kepala Daerah.

“Seperti di waktu-waktu lalu, Forum Rektor Indonesia kita harapkan juga akan ikut mengawalnya,” ujar Wapres dalam pembukaan Konvensi Kampus IX dan Temu Tahunan Forum Rektor Indonesia (FRI) XV, Jumat (18/1/2013).

Menurutnya, Indonesia berharap setiap siklus yang dilalui membawa peningkatan kualitas pada demokrasi kita.  Apalagi, dunia internasional telah memberikan apresiasi tinggi pada reformasi dan transisi demokrasi Indonesia.

“Tapi itu tentu tidak boleh membuat kita puas diri.  Karena, kita sendiri yang berada di dalam pusaran proses itu, tahu dan merasakan bahwa banyak hal yang masih harus kita mantapkan, kita tata dan kita luruskan.  Suatu work in progress yang penuh tantangan,” ujarnya.

Menurutnya, salah satu yang bisa didambakan dan wajib diupayakan dalam putaran proses demokrasi kali ini adalah peningkatan kualitas para pejabat tingkat nasional dan daerah, yang dipilih rakyat pada 2014 nanti.
“Peningkatan kualitas, baik dari segi kemampuannya maupun dari segi integritasnya,” ujarnya.

Menurut Wapres, Forum Rektor dapat berkontribusi mengenai hal ini. Misalnya, dapat membantu para pemilih di daerah masing-masing untuk mendapatkan informasi obyektif mengenai calon-calon yang mereka akan pilih.

“Salah satu hal sederhana tapi efektif untuk menguji integritas para calon adalah kesediaan mereka untuk menyampaikan kepada publik informasi mengenai laporan kekayaannya, track record pembayaran pajak mereka serta penyelesaian kewajiban-kewajiban lainnya kepada negara. Forum Rektor patut mendukung kegiatan seperti ini,” ujarnya. (spr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper