Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BANJIR JAKARTA: Antisipasi wabah penyakit, Kementerian Kesehatan aktifkan tim gerak cepat

JAKARTA: Kementerian Kesehatan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta dalam penanggulangan aspek kesehatan lingkungan, dan penyakit menular akibat banjir.Ditjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingering (P2PL) Kemenkes telah menyiapkan
- Bisnis.com 18 Januari 2013  |  03:06 WIB

JAKARTA: Kementerian Kesehatan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta dalam penanggulangan aspek kesehatan lingkungan, dan penyakit menular akibat banjir.

Ditjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingering (P2PL) Kemenkes telah menyiapkan Tim Gerak Cepat. Tim ini a.l melakukan Rapid Health Assesment (RHA), surveilans penyakit, dan pengendalian masalah lingkungan pada kondisi bencana.
 
Tjandra Yoga Aditama, Direktur Jenderal P2PL Kemenkes, mengatakan untuk bantuan logistik lingkungan, timnya a.l menyiapkan lysol, kaporit, masker, juga emergency Kit, paket obat-obatan, dan lainnya.

Tjandra juga mengingatkan kembali agar masyarakat senantiasa menjaga perilaku hidup bersih sehat (PHBS). Caranya a.l. memilih makanan dan minuman yang baik dan bersih, (selalu makanan yang sudah dimasak).

"Masyarakat agar jangan jajan sembarangan, istirahat yang cukup, tetap upayakan kebersihan diri dan lingkungan. Jangan buang sampah sembarangan, dan senantiasa melakukan cuci tangan pakai sabun
(CTPS)," ujarnya di Jakarta, Kamis (17/1).

Dia menuturkan ada 5 titik kritis CTPS, yaitu sebelum makan, sebelum mengolah makanan, setelah buar air besar, setelah menceboki anak, dan setelah memegang lingkungan yang kotor dan hewan.
 
Selain itu, tambahnya, bila di tempat pengungsian, korban banjir diimbau agar selalu menjaga kebersihan lokasi pengungsian, baik dari sisi pengolahan sampah, pengolahan limbah cair dan BAB, serta BAK di tempat yang sudah disediakan.

Anak-anak, balita, dan orang tua perlu mendapat prioritas tempat yang lebih baik dan sehat. Sebaiknya makanan segar supaya segera dikonsumsi.  

Bila ada keluhan kesehatan berkepanjangan, agar menghubungi petugas kesehatan yang ada. (arh)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Aprika Rani Hernanda

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top