Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

CUACA BURUK: Aktivitas Bongkar Muat di Pelabuhan Makassar Turun 25%

MAKASSAR--Aktifitas bongkar muat di Terminal Peti Kemas Pelabuhan Makassar terus mengalami penurunan hingga 25% akibat cuaca buruk yang terjadi selama Januari 2013.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 17 Januari 2013  |  16:22 WIB

MAKASSAR--Aktifitas bongkar muat di Terminal Peti Kemas Pelabuhan Makassar terus mengalami penurunan hingga 25% akibat cuaca buruk yang terjadi selama Januari 2013.

Assisten Manager Operasi Terminal Peti Kemas Makassar Aryanto mengatakan penurunan ini terjadi akibat sulitnya kapal kontainer yang sandar di Terminal Peti Kemas yang bisa 3-4 call kapal per hari. Tetapi sejak pertengahan Januari 2013, hanya mencapai 1 call kapal perhari.
 

"Tingginya kecepatan angin yang mencapai 20 knot cukup menyulitkan kapal tunda menarik kapal ke dermaga. Belum lagi gelombang yang cukup tinggi menyulitkan kapal masuk di terminal," kata Aryanto, Kamis (17/1/2013).
 

Menurutnya, kondisi cuaca di awal tahun ini cukup parah dibandingkan tahun sebelumnya.

Tahun lalu, meskipun gelombang cukup tinggi tapi kecepatan angin masih rendah berkisar 16 knots karena kapal tunda masih bisa beroperasi menarik kapal di dermaga.
 

"Kalaupun ada kapal yang sandar dengan kondisi itu, pasti akan menabrak pelabuhan sehingga membuat kapal menjadi goyang dan sulit melakukan bongkar muat," ungkapnya
 

Dia menambahkan cuaca buruk memang sangat berpengaruh. Kapal yang sulit masuk bisa menyebabkan aktifitas kontainer crane yang melayani bongkar muat menurun. 
 

"Kontainer crane yang biasanya melakukan bongkar muat hingga 28 boks per jam, saat ini hanya mampu 20 boks per jam," ujarnya.
 

Aktifitas bongkar muat kontainer yang rerata bisa mencapai 42.000 teus per bulan, dikhawatirkan tidak akan terealisasi hingga akhir Januari ini.
 

"Hingga pertengahan bulan ini, aktifitas belum mencapai 20.000 teus. Kapal yang seharusnya bisa capai 60 call, saat ini masih 25 call kapal hingga 16 Januari lalu," keluhnya.
 

Padahal, target yang ingin dicapai Terminal Peti Kemas tahun ini berkisar 30-45 call kapal per bulan sehingga target Rencana Kerja Anggaran (RKA) 2013 peti kemas bisa mencapai 548.264 teus atau naik 10% dari RKA 2012.
 

"RKA 2012 yang ditetapkan sebesar 415.563 teus, tetapi realisasinya mencapai 512.000 teus atau naik 10%," ucapnya. (K46) (Foto: JibiPhoto/Paulus Tandi Bone)
 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Hendra Nick Arthur

Editor : Wiwiek Dwi Endah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top