Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

JAKARTA BANJIR: Perintah SBY, Utamakan Keselamatan rakyat

JAKARTA-- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta kepentingan dan keselamatan rakyat di utamakan dalam upaya penanganan banjir."Tadi Presiden meminta kepada Gubernur DKI Jakarta segera berkoordinasi dengan jajaran TNI/Polri, pesan beliau tidak
News Editor
News Editor - Bisnis.com 17 Januari 2013  |  15:58 WIB

JAKARTA-- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta kepentingan dan keselamatan rakyat di utamakan dalam upaya penanganan banjir.

"Tadi Presiden meminta kepada Gubernur DKI Jakarta segera berkoordinasi dengan jajaran TNI/Polri, pesan beliau tidak terlalu memikirkan istana yang penting rakyat karena paling penting diselamatkan rakyat," kata Juru Bicara Presiden Julian A Pasha di Jakarta, Kamis.

Presiden sebelumnya telah menginstruksikan Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo dan Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan guna mengevakuasi korban banjir serta membantu para pengungsi.

"Khusus Kepolisian juga diminta mengatur jalannya lalu lintas dan menjaga rumah yang ditinggal mengungsi," katanya.

Sementara itu pada Kamis sore, Presiden Yudhoyono dengan didampingi Ibu Ani Yudhoyono meninjau lokasi banjir di Kalibata, Kelurahan Rawa Jati.

Kepala Negara beserta rombongan tampak menyapa warga dan meninjau lokasi banjir.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Ani antara lain adalah Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo, Menko Kesra Agung Laksono, Menteri Sosial Salim Segaf Al-Jufri dan Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto.

Kedatangan Presiden dan Ibu Negara itu memancing antusiasme warga sekitar dan para pengungsi untuk melihat lebih dekat Kepala Negara.

Kawasan Rawa Jati itu merupakan salah satu kawasan di Jakarta yang rentan banjir.

Sementara itu pada Kamis pagi, setelah terpaksa menjadwal ulang pertemuan bilateral dengan Presiden Argentina Cristina Elisabet Fernandez De Kirchner yang seharusnya berlangsung pada pukul 10.30 wib, Presiden Yudhoyono dengan mengenakan kaos berwarna biru meninjau sejumlah titik di Kompleks Istana yang terendam banjir.

Presiden yang menggulung celana olahraganya yang berwarna abu-abu setinggi lutut itu tampak berkeliling Kompleks Istana dengan didampingi Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa yang mengenakan jas lengkap.

Hujan lebat yang terus mengguyur Jakarta sejak Kamis dinihari telah membuat sejumlah ruas jalan utama di Jakarta terendam air.

Lalu lintas di ruas Jalan MH Thamrin hingga Jalan Sudirman Jakarta, Kamis siang, bahkan macet total akibat banjir yang menggenang daerah bundaran Hotel Indonesia.

Ketinggian air di Bundaran Hotel Indonesia yang mencapai pinggang orang dewasa menghadang semua kendaraan yang hendak melintasi daerah tersebut.

Dari arah Sudirman, ratusan mobil dan motor terjebak kemacetan mulai jembatan Dukuh Atas hingga Semanggi dan kesulitan untuk berbalik arah, karena padatnya kendaraan di belakangnya.

Bus Trans Jakarta juga terhenti di jalurnya bersama kendaraan lain yang masuk ke jalur tersebut tanpa bisa berbalik arah. (Antara/msb)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswire

Editor : Martin-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top