Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

JAKARTA BANJIR: Seluruh KRL Jatinegara-Manggarai Terganggu

Perubahan Rute KRL akibat Stasiun Tanah Abang Banjir
Sutarno
Sutarno - Bisnis.com 17 Januari 2013  |  09:48 WIB

Perubahan Rute KRL akibat Stasiun Tanah Abang Banjir

RelasiPemberhentian terakhir
Bogor-Tanah AbangStasiun Manggarai
Depok-Tanah AbangStasiun Manggarai
Bekasi-Tanah AbangStasiun Manggarai
Tangerang-Tanah AbangStasiun Duri
Serpong-Tanah AbangStasiun Palmerah

Sumber: Kompilasi data

 
JAKARTA: Banjir yang menggenangi Stasiun Tanah Abang dan Kampung Bandan membuat layanan KRL Circle Line Jatinegara--Manggarai via Stasiun Senen hari ini, Kamis (17/1/2013) mengalami gangguan, karena tidak bisa melalui kedua stasiun tersebut.
 
Pengumuman resmi PT KAI Jabodetabek menyebutkan stasiun di antara jalur Tanah Abang--Kampung Bandan yang statusnya normal adalah Stasiun Duri dan Angke, namun kereta dari Manggarai dan Jatinegara tak bisa melintas, karena stasiun Tanah Abang Tak bisa dilalui.
 

Perjalanan kereta api Commuter Line dan KRL Ekonomi Lintas Tanah Abang hari ini, Kamis (17/1/2013) terganggu, karena jalur rel terendam air.

Salah satu pengguna jasa kereta api dengan akun twitter @deswardh melaporkan via twitter resmi PT KAI Commuter Jabodetabek, @COMMUTERLINE, menuturkan ketinggian air di jalur 6 Stasiun Tanah Abang bahkan sudah mencapai 60 centimeter.

"Pukul 08:03 Jalur 6 Stasiun tanah Abang tergenang air diperkirakan mencapai 60 centimeter," ujarnya.

Stasiun Tanah Abang berperan vital karena sebagai hub (titik temu) 4 rute utama KRL, yaitu Merak-Rangkasbitung, Parung Panjang-Serpong-Tanah Abang, Bogor-Depok-Tanah Abang, Tangerang-Tanah Abang, dan Bekasi-Tanah Abang.

Isti Heriani, pengguna jasa Commuter Line menuturkan, perjalanan KRL terhenti di stasiun-stasiun sebelum Tanah Abang.

"Temen saya dari Serpong, kereta berhenti hanya sampai Stasiun Palmerah, sedangkan teman saya dari Bekasi KRL-nya hanya sampai Stasiun Manggarai," ujarnya.

Dengan demikian, semua rute KRL dari arah Timur dan Selatan menuju Tanah Abang untuk sementara hanya melayani rute hingga Stasiun Manggarai.

Lalu bagaimana dengan KRL rute Tangerang-Tanah Abang, yang melakukan persilangan di Stasiun Duri? KRL dari Tangerang  hanya sampai Stasiun Duri dan kembali lagi ke Tangerang.

"Teman saya yang dari Tangerang KRL-nya di Stasiun Duri balik lagi ke Tangerang," ujar Isti yang berkantor di bilangan Pejompongan Jakarta Pusat.

Petugas hotline PT KAI Jabodetabek di nomor telepon (021) 3807777 menuturkan untuk sementara seluruh kereta api tidak bisa melalui Stasiun Tanah Abang.

"Kami tidak bisa memastikan sampai kapan penghentian operasi Stasiun Tanah Abang, karena lintasan  rel masih terendam banjir," katanya. (sut)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top