Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

MUSIM HUJAN 2013 Alami Puncak JanuariMaret

JAKARTA—Puncak musim hujan pada 2013 ini terjadi pada Januari—Maret, dan berlangsung di sebagian besar wilayah di Indonesia.
- Bisnis.com 16 Januari 2013  |  20:21 WIB

JAKARTA—Puncak musim hujan pada 2013 ini terjadi pada Januari—Maret, dan berlangsung di sebagian besar wilayah di Indonesia.

"Hasil evaluasi sementara menunjukkan bahwa saat ini seluruh wilayah Indonesia, telah memasuki musim penghujan," kata Soepriyo, Deputi Bidang Meteorologi  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG),  sore hari  ini, Selasa (16/1/2013).

Dia mengatakan potensi terjadinya cuaca buruk dengan curah hujan intensitas tinggi, selalu terjadi pada periode puncak musim hujan.

"Peluang terjadinya curah hujan dengan intensitas tertinggi dapat terjadi pada rentang waktu antara pertengahan Januari dan sekitar pertengahan Februari," ungkapnya menjelaskan tentang Kondisi cuaca akhir-akhir ini dan prospek cuaca pada periode musim hujan 2013 di kantor BMKG.

Soepriyo mermaparkan kondisi cuaca saat ini hingga tiga hari ke depan. Badaj Tropis Narelle sudah punah pada 15 Januari, dan belum menunjukkan adanya tanda-tanda akan munculnya badai tropis yang baru.

Saat ini, katanya, kondisi cuaca secara umum dipengaruhi oleh adanya daerah pertemuan angin yang memanjang dari Sumatera bagian selatan, Jawa, hingga Nusatenggara, menyebabkan curah hujan intensitasnya menjadi berkurang, dibandingkan dengan periode sebelumnya. Begitu juga dengan kondisi tinggi gelombang laut cenderung menurun.

"Untuk jangka waktu 2 hingga 3 hari ke depan, diperkirakan ada peningkatan aktivitas Monsun Asia. Itu akan berpotensi meningkatkan aktivitas cuaca di wilayah Sumatera Selatan, dan Jawa," ungkapnya.

Pada minggu I-II Januari, ujarnya, masih fluktuatif. Cuaca buruk yang ditandai dengan hujan lebat dan angin kencang pada sore hingga menjelang malam hari, umumnya masih terjadi secara tidak merata.  (sut)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top