Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ICT CIMAHI: Pengusaha Desak BITC Dibenahi

CIMAHI–Pengembangan industri kreatif bidang teknologi informasi di Cimahi terkendala sumber daya manusia (SDM) dan minimnya penyediaan fasilitas pendukung sehingga perkembangannya tergolong lamban.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 16 Januari 2013  |  17:59 WIB

CIMAHI–Pengembangan industri kreatif bidang teknologi informasi di Cimahi terkendala sumber daya manusia (SDM) dan minimnya penyediaan fasilitas pendukung sehingga perkembangannya tergolong lamban.

Sehubungan itu, keberadaan Gedung Baros Information Technology and Creative (BITC) di Cimahi sebagai pusat pengembangan industri kreatif berbasis teknologi perlu dibenahi.

Pendiri Komunitas 3D Animasi Indonesia Harry Riyadi, yang pernah menjadi instruktur di BITC, mengatakan keberadaan BITC sebenarnya sangat membantu para pemula yang sedang mencari tempat untuk belajar khususnya mengenai animasi.

Namun dia menilai para pengurus BITC kurang mengerti bidang yang sudah dipelajari. “Fasilitas yang diberikan tidak bisa dikatakan jelek, namun jika mereka juga mengerti  animasi pasti mereka akan memberikan yang lebih baik lagi”.

Dia mencontohkan fasilitas komputer serta alat yang diibutuhkan dalam pembuatan animasi seperti Render Farm yang diberikan kualitasnya tergolong lumayan. Namun, pengurus dapat memberikan fasilitas dengan kualitas lebih baik lagi jika mereka memahami kebutuhan para animator.

Harry menyarankan agar pengurus BITC memperluas pengetahuan tentang industri kreatif seperti animasi. Jika pengetahuan memadai, pengurus juga akan maksimal ketika melayani mereka yang memanfaatkan fasilitas di BITC. “Ada baiknya para ahli dilibatkan untuk jadi pengurus,” tuturnya.(k60/k6/k57/yus)
 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Tisyrin Naufalty Tsani, Hedi Ardia, Wisnu Wage

Editor : Yusran-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top