Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PARPOL: Perekrutan artis pun dimulai

- Bisnis.com 16 Januari 2013  |  17:17 WIB
JAKARTA-Seperti beberapa pemilu sebelumnya, sejumlah parpol mulai menggaet para artis untuk mendongkrak perolehan suara pada Pemilu 2014 meski dalam perjalanannya tidak semua artis sukses sebagai anggota legislatif.
 
Politisi senior PDI Perjuangan, Pramono Anung mengakui sudah ada sejumlah selebritas yang bergabung ke partainya untuk Pemilu 2014 menyusul lolosnya partai tersebut dari verifikasi faktual di Komisi Penyelenggara Pemnilu (KPU). Partai berlambang kepala banteng itu juga telah mendapatkan nomor urut 4 dalam undian yang diselenggarakan lembaga penyelenggara pemilu tersebut pada Senin lalu. 
 
Masuknya sejumlah artis tersebut, ujar Pramono, tidak bersifat instan karena mereka sudah menjalani masa-masa pengkaderan sebelumnya. Sayangnya Pramono tidak bersedia menyebutkan siapa saja artis yang akan bergabung dengan partai yang dipimpin Megawati Sukarnoputri tersebut.
 
"Biar nanti secara resmi diumumkan," kata Pramono di Kompleks Parlemen, Rabu (16/1). Dari nama-nama artis yang sempat beredar di kalangan wartawan, beberapa yang mulai tampak akrab dengan partai tersebut adalah penyanyi Edo Kondolangit, artis film Yessy Gusman, presenter Sonny Tulung dan Niko Siahaan. 
 
Kendati menggaet para artis, Pramono mengaku partainya tidak semata-mata mengandalkan selebritas untuk mendongkrak elektabilitas. Pasalnya, stok politisi kawakan di PDI Perjuangan selama ini sudah cukup banyak. 
 
"PDI Perjuangan pun tak pernah membedakan artis atau bukan. Tapi ketika mencalonkan orang adalah tingkat acceptability atau daya terima di masyarakat, sehingga tidak semua artis jadi," kata Pramono. 
 
Dia mengatakan tingkat keterkenalan seorang calon legislatif sangat memengaruhi keterpilihan. Namun mereka juga harus aktif di bawah dan dekat dengan konstituen.
 
"Toh kalau ada public figure. Sudah ada keterikutan sebelumnya," kata Pramono.
 
Partai Amanat Nasional juga sudah menyiapkan sejumlah nama artis untuk maju bertarung di pemilu legislatif. Salah satu nama yakni presenter Raffi Ahmad. Selain Raffi ada juga nama Desy Ratnasari. Selama ini sejumlah artis telah bergabung dengan PAN seperti Eko Purnomo alias Eko Patrio dan Primus Yustisio dan. 
 
Ketua DPP PAN Bima Arya mengakui sudah ada komunikasi intensif dengan para artis. Menurutnya, PAN tak mau sembarang merekrut artis karena hanya mereka yang mempunyai potensi saja yang akan diajak bergabung, katanya. 
 
"PAN tak mau nantinya malah mendapat cap partai artis nasional. Nanti mereka akan kita gembleng dengan pelatihan serius. Kita juga ada tes psikotes untuk calon anggota DPR," ujarnya beberapa waktu lalu. (faa)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Fahmi Achmad

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top