Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PoliticaWave.com Rekam Obrolan Capres di Media Sosial

News Editor
News Editor - Bisnis.com 16 Januari 2013  |  15:22 WIB
JAKARTA-Website pemantau aktivitas media sosial PoliticaWave.com meluncurkan PoliticaWave 2.0 yang memantau percakapan di media sosial tentang para kandidat calon presiden RI dalam Pemilu 2014.
 
Data yang dikumpulkan dari media sosial dianalisis berdasar sejumlah parameter. Analis itu kemudian ditampilkan melalui website PoliticaWave.com dan disajikan dalam bentuk grafis. 
 
Direktur PoliticaWave.com Yose Rizal mengatakan pihaknya mengembangkan teknik khusus untuk menggali data atau informasi yang belum terstruktur. Beberapa media sosial yang menjadi sumber utama pengumpulan data antara lain Facebook, Twitter, YouTube, blog, forum dan website media oline.
 
"Kalau dari Facebook dan Twitter salah satunya kami menggunakan protokol Application Programming Interface (API) yang dapat mengambil langsung dari server mereka. Kalau dari blog dan media online kami menggunakan program crawler," ujar dia di sela-sela peluncuran PoliticaWave 2.0 di Jakarta, Rabu (16/1/2013).
 
Menurut dia, perangkat lunak yang digunakan dalam pengumpulan serta penyajian data tersebut merupakan karya programmer lokal. "Ini bukti keandalan programmer Indonesia," imbuh dia.
 
Pada acara peluncuran itu Yose juga memaparkan analisis dari sejumlah percakapan di media sosial selama kurun waktu Oktober hingga Desember 2012. Beberapa hal yang dianalisis antara lain tren percakapan capres dan parpol, interaksi netizen hingga sebaran demografi capres dan parpol dalam percakapan sosial media. (faa)
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Galih Kurniawan

Editor : Fahmi Achmad

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top