Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JAKARTA-Website pemantau aktivitas media sosial PoliticaWave.com meluncurkan PoliticaWave 2.0 yang memantau percakapan di media sosial tentang para kandidat calon presiden RI dalam Pemilu 2014.
 
Data yang dikumpulkan dari media sosial dianalisis berdasar sejumlah parameter. Analis itu kemudian ditampilkan melalui website PoliticaWave.com dan disajikan dalam bentuk grafis. 
 
Direktur PoliticaWave.com Yose Rizal mengatakan pihaknya mengembangkan teknik khusus untuk menggali data atau informasi yang belum terstruktur. Beberapa media sosial yang menjadi sumber utama pengumpulan data antara lain Facebook, Twitter, YouTube, blog, forum dan website media oline.
 
"Kalau dari Facebook dan Twitter salah satunya kami menggunakan protokol Application Programming Interface (API) yang dapat mengambil langsung dari server mereka. Kalau dari blog dan media online kami menggunakan program crawler," ujar dia di sela-sela peluncuran PoliticaWave 2.0 di Jakarta, Rabu (16/1/2013).
 
Menurut dia, perangkat lunak yang digunakan dalam pengumpulan serta penyajian data tersebut merupakan karya programmer lokal. "Ini bukti keandalan programmer Indonesia," imbuh dia.
 
Pada acara peluncuran itu Yose juga memaparkan analisis dari sejumlah percakapan di media sosial selama kurun waktu Oktober hingga Desember 2012. Beberapa hal yang dianalisis antara lain tren percakapan capres dan parpol, interaksi netizen hingga sebaran demografi capres dan parpol dalam percakapan sosial media. (faa)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Fahmi Achmad
Sumber : Galih Kurniawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper