Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

FITCH RATINGS: Peringkat utang AS, Prancis, & Inggris dalam tekanan

LONDON: Fitch Ratings mengatakan peringkat utang Amerika Serikat (AS), Prancis, dan Inggris yang berada pada level 'AAA' akan berada di bawah tekanan untuk tahun ini karena pertumbuhan ekonomi yang rendah dan level utang yang tinggi.Ketiga negara,
News Editor
News Editor - Bisnis.com 16 Januari 2013  |  14:45 WIB

LONDON: Fitch Ratings mengatakan peringkat utang Amerika Serikat (AS), Prancis, dan Inggris yang berada pada level 'AAA' akan berada di bawah tekanan untuk tahun ini karena pertumbuhan ekonomi yang rendah dan level utang yang tinggi.

Ketiga negara, yang profil utangnya disematkan prospek negatif oleh Fitch, tengah kesulitan memulihkan pertumbuhan ekonomi dari krisis keuangan global. Adapun level utang mereka telah dinaikkan guna menggenjot pertumbuhan.

Meskipun level utang AS sudah mencapai 100% terhadap produk domestik bruto (PDB), dalam keterangan persnya pada Selasa (15/1/2013), lembaga pemeringkat utang itu menyatakan akan mengkaji profil utang AS jika parlemen negara itu tidak menaikkan pagu utangnya.

"Utang negara berperingkat triple A terancam. Rasio utang terhadap PDB sangat tinggi. AS, Prancis, dan Inggris yang punya prospek negatif, mencerminkan kombinasi antara tantangan kondisi fiskal dan pertumbuhan yang rendah," kata Ian Linnell, manajer analitis Fitch.

Selain Fitch, Moody's Investors Service dan Standard & Poor's (S&P) juga menempatkan peringkat utang Inggris berada pada kisaran level tertinggi.

Adapun AS mendapatkan peringkat 'Aaa' dari Moody's dan 'AA+' dari S&P, sedangkan Prancis mendapatkan peringkat level tingkat dua baik dari Moody's dan S&P. (Bloomberg/ara/ra)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswire

Editor : Rustam-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top