Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DEMO BURUH: Besok, 7.000 buruh turun ke jalan

JAKARTA: Besok, Rabu (16/1/2013) sekitar 7.000 buruh dari Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, dan Purwakarta akan melakukan aksi demonstrasi ke empat titik, yaitu Polda Metro Jaya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian BUMN, dan Kementerian
- Bisnis.com 15 Januari 2013  |  23:23 WIB

JAKARTA: Besok, Rabu (16/1/2013) sekitar 7.000 buruh dari Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, dan Purwakarta akan melakukan aksi demonstrasi ke empat titik, yaitu Polda Metro Jaya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian BUMN, dan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima Bisnis pada Selasa (15/1/2013) malam, para buruh tersebut dikoordinasikan oleh Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI), Konfederensi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), dan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) akan berlangsung sejak pukul 10.00 hingga 16.30.

Juru bicara FSPMI Roni Febrianto mengatakan aksi unjuk rasa merupakan reaksi atas kenaikan UMP/UMK 2013 yang seharusnya dinikmati sebagai hasil perjuangan panjang selama tahun lalu dihadang oleh beberapa kebijakan yang provokatif.

"Kami juga menuntut penghentian penangguhan upah, menolak kenaikan TDL, dan penghentian tindakan premanisme. Jika tiga hal tersebut tidak ditanggapi serius, kami akan mengorganisasi perlawanan berupa aksi damai dari ribuan bahkan ratusan ribu buruh selama Januari-Maret 2013," papar Roni.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Rikwanto mengatakan Polda memastikan sekitar 3.000 personel kepolisian dibantu TNI akan berjaga guna menjaga unjuk rasa berjalan tidak anarkis.

TNI difokuskan menjaga obyek vital, seperti kawasan industri sedangkan sebagian personel polisi berjaga di gerbang tol dari arah Bekasi. Setiap bis berisikan para buruh akan dikawal, yakni ada personel kepolisian menjaga di dalam bis.

"Kami menghimbau pengguna jalan selalu memantau radio dan Traffic Management Center Polda Metro Jaya, terutama yang melewati Jalan Gatot Subroto, Sudirman, dan Thamrin. Pengalihan arus memungkinkan dilakukan," jelasnya. (arh)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Aprika Rani Hernanda

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top