Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

GAIKINDO: Tak ingin prinsipal kecewa, target penjualan tetap 1 juta unit

- Bisnis.com 15 Januari 2013  |  14:39 WIB
JAKARTA-Industri otomotif berusaha menjaga pertumbuhan penjualan di pasar domestik dalam kisaran angka yang dicapai tahun lalu sebanyak 1,1 juta unit untuk meyakinkan prinsipal agar bersedia menambah investasi dan menjadikan Indonesia sebagai salah satu basis produksi.
 
Jongkie Sugiharto, Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengatakan, realisasi penjualan sepanjang 2012 yang menembus 1,1 juta unit tersebut merupakan image positif bagi Indonesia sebagai bagian dari one million club untuk pasar otomotif Asean.
 
"Tetapi, prinsipal akan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi, menambah investasi dan lainnya kalau pasar domestiknya berkembang," katanya di Jakarta, Selasa (15/1/2013).
 
Menurutnya, data Gaikindo menunjukkan angka penjualan mobil di pasar domestik sepanjang tahun lalu mencapai 1,1 juta, mengalami kenaikan 24,8% dibandingkan dengan realisasi penjualan pada 2011 sebanyak 894.164 unit. 
 
Adapun volume produksi indutri otomotif nasional sepanjang tahun lalu juga mengalami peningkatan cukup signifikan mencapai 28,4%, dari sebanyak 838.388 unit pada 2011 menjadi 1,07 juta unit pada 2012, dan sekaligus menunjukkan adanya kenaikan ekspor mobil dari Indonesia.
 
Sudirman MR, Ketua Umum Gaikindo mengatakan, asumsi positif terhadap industri otomotif terus mengalir, dan Kementerian Perindustrian memprediksikan pangsa pasar mobil domestik akan mengalami pertumbuhan yang signifikan.
 
"Kami pengurus Gaikindo untuk sementara menetapkan target penjualan pada 2013 diperkirakan sama dengan tahun lalu, yakni sekitar 1,1 juta unit, dengan mempertimbangkan berbagai kebijakan pemerintah yang akan mempengaruhi angka tersebut," ujarnya. 
 
Adapun faktor yang berpengaruh besar terhadap pencapaian idustri otomotif, lanjutnya, berupa kebijakan regulator, diantaranya tentang kenaikan uang muka kredit kendaraan bermotor (loan to value), penaikan tarif dasar listrik, serta persaingan dan kondisi ekonomi domestik maupun global.
 
Dia menjelaskan upaya mempertahankan pertumbuhan penjualan kendaraan di pasar domestik antara lain dilakukan Gaikindo dengan kembali menggandeng Dyandra Promosindo untuk menyelenggarakan pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013.
 
Johnny Darmawan, Ketua Penyelenggara IIMS 2013 mengatakan, pameran akbar IIMS di Jakarta International Expo Kemayoran pada 19-29 September 2013, menghadirkan seluruh merek mobil kenamaan di Indonesia, ratusan industri pendukung, serta fasilitas yang nyaman bagi pengunjung.
 
Pameran otomotif tersebut, lanjutnya, menjadi salah satu barometer besarnya gairah pasar domestik pada 2012, menjadi tempat tujuan mencari tahu produk terbaru dan terbaik dari industri otomotif yang berhasil menyedot 368.790 pengunjung dan membukukan nilai transaksi sekitar Rp4,6 triliun.
 
"Nilai transaksi itu membuktikan bahwa minat publik terhadap produk otomotif masih tinggi dan akan terus berkembang, dan sekaligus membuktikan eksistensi IIMS sebagai sebuah ajang pameran bertaraf internasional yang menjadi benchmark perkembangan industri otomoti nasional," tegasnya.
 
Diah Putri, Public Relation Assistant Manager Diandra Promosindo mengatakan, sebanyak 35 ATPM anggota Gaikindo sejak jauh hari menyatakan kesediaannya untuk kembali mengikuti IIMS 2013. Mereka terdiri dari 26 ATPM kendaraan penumpang dan 9 ATPM kendaraan komersial.
 
"Gaikindo kembali menggandeng Dyandra Promosindo sebagai pelaksana IIMS. Untuk itu pada 8 Januari 2013 telah diadakan launching untuk kalangan ATPM anggota Gaikindo," katanya.
 
Menurutnya, penyelenggaraan IIMS ke-21 selama 11 har yang menempati seluruh hall dan area outdoor dalam Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran tersebut juga diikuti lebih dari 275 peserta dari industri pendukung untuk menampilkan produk unggulannya.
 
(Faa)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Fahmi Achmad

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top