Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TAHUN BARU 2013: Ambon berpesta, Ajang terakhir sang Gubernur

AMBON - Gubernur Maluku, Karel Albert Ralahalu, memimpin pesta kembang api pada perayaan malam Tahun Baru 2013 bersama ribuan warga di Ambon, Senin malam hingga hingga Selasa dinihari.
 
"Pesta kembang api tahun baru ini merupakan yang terakhir kali dirayakan Gubernur Karel Albert Ralahalu selama masa kepemimpinannya 2008-2013," kata Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, di Ambon, Senin.
 
Menurut Louhenapessy, sebenarnya pesta kembang api tidak akan dilakukan pada tahun ini berkaitan dengan keprihatinan terhadap berbagai kondisi sosial yang melanda masyarakat Maluku.
 
Namun, ia mengemukakan, saat rapat koordinasi pada Senin (31/12) Gubernur Ralahalu meminta sendiri untuk digelar pesta kembang pada malam pergantian tahun sebagai wujud kebersamaannya bersama masyarakat yang terakhir kali di masa kepemimpinannya bersama Wakil Gubernur Maluku, Said Assagaff.
 
"Saya ingin merayakan malam pergantian tahun 2012 ke 2013 dengan seluruh masyarakat di Ambon. Jadi gelar saja pesta kembang api sebagai wujud kebersamaan saya dan Wagub Said Assagaff bersama masyarakat di Maluku," ujar Louhenapessy, meniru permintaan Ralahalu.
 
Oleh karena itu, pihak Pemerintah Kota Ambon langsung berkoodinasi dengan berbagai komponen, termasuk tokoh agama, Panglima Komando Daerah Patimura, dan Kepaka Kepolisian Daerah (Kapolda) guna menyiapkan panggung hiburan yang dimulai pukul 22.00 WIT dengan puncak pesta kembang api pada pukul 00.01 WIT.
 
Menyangkut masalah keamanan di sekitar lokasi perayaan diserahkan sepenuhnya kepada Polda Maluku dibantu Kodam XVI/Pattimura.
 
Polda Maluku juga menjadikan kantor Polsek Sirimau atau Pos Kota sebagai pusat pengendali operasi malam pergantian tahun dan dipimpin langsung Kapolda Maluku, Brigjen Pol Mutiono. dan Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, AKBP Suharwiyono.
 
Panggung hiburan yang menampilkan sejumlah artis asal kota Ambon tersebut terbuka untuk seluruh masyarakat di Kota Ambon dan sekitarnya.
 
"Jadi silakan saja datang ke lapangan Merdeka untuk menyaksikan panggung hiburan sekaligus menyaksikan pesta kembang api spektakuler saat pergantian tahun tanpa perlu merasa takut karena situasi dan kondisi keamanan semakin kondusif," ujarnya.
 
Richard menambahkan, dirinya bersama Gubernur Ralahalu, Wagub Said Assagaff, Wakil Wali Kota Sam Latukonsina didampingi tokoh agama dan Pangdam Patimura serta Kapolda Maluku bersiap meniup terompet bersama-sama menandai pergantian tahun di Ambon pukul 00.01 WIT.
(Antara/faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Dara Aziliya
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper