Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TAHUN BARU 2013: Ambon berpesta, Ajang terakhir sang Gubernur

News Editor
News Editor - Bisnis.com 31 Desember 2012  |  23:51 WIB
AMBON - Gubernur Maluku, Karel Albert Ralahalu, memimpin pesta kembang api pada perayaan malam Tahun Baru 2013 bersama ribuan warga di Ambon, Senin malam hingga hingga Selasa dinihari.
 
"Pesta kembang api tahun baru ini merupakan yang terakhir kali dirayakan Gubernur Karel Albert Ralahalu selama masa kepemimpinannya 2008-2013," kata Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, di Ambon, Senin.
 
Menurut Louhenapessy, sebenarnya pesta kembang api tidak akan dilakukan pada tahun ini berkaitan dengan keprihatinan terhadap berbagai kondisi sosial yang melanda masyarakat Maluku.
 
Namun, ia mengemukakan, saat rapat koordinasi pada Senin (31/12) Gubernur Ralahalu meminta sendiri untuk digelar pesta kembang pada malam pergantian tahun sebagai wujud kebersamaannya bersama masyarakat yang terakhir kali di masa kepemimpinannya bersama Wakil Gubernur Maluku, Said Assagaff.
 
"Saya ingin merayakan malam pergantian tahun 2012 ke 2013 dengan seluruh masyarakat di Ambon. Jadi gelar saja pesta kembang api sebagai wujud kebersamaan saya dan Wagub Said Assagaff bersama masyarakat di Maluku," ujar Louhenapessy, meniru permintaan Ralahalu.
 
Oleh karena itu, pihak Pemerintah Kota Ambon langsung berkoodinasi dengan berbagai komponen, termasuk tokoh agama, Panglima Komando Daerah Patimura, dan Kepaka Kepolisian Daerah (Kapolda) guna menyiapkan panggung hiburan yang dimulai pukul 22.00 WIT dengan puncak pesta kembang api pada pukul 00.01 WIT.
 
Menyangkut masalah keamanan di sekitar lokasi perayaan diserahkan sepenuhnya kepada Polda Maluku dibantu Kodam XVI/Pattimura.
 
Polda Maluku juga menjadikan kantor Polsek Sirimau atau Pos Kota sebagai pusat pengendali operasi malam pergantian tahun dan dipimpin langsung Kapolda Maluku, Brigjen Pol Mutiono. dan Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, AKBP Suharwiyono.
 
Panggung hiburan yang menampilkan sejumlah artis asal kota Ambon tersebut terbuka untuk seluruh masyarakat di Kota Ambon dan sekitarnya.
 
"Jadi silakan saja datang ke lapangan Merdeka untuk menyaksikan panggung hiburan sekaligus menyaksikan pesta kembang api spektakuler saat pergantian tahun tanpa perlu merasa takut karena situasi dan kondisi keamanan semakin kondusif," ujarnya.
 
Richard menambahkan, dirinya bersama Gubernur Ralahalu, Wagub Said Assagaff, Wakil Wali Kota Sam Latukonsina didampingi tokoh agama dan Pangdam Patimura serta Kapolda Maluku bersiap meniup terompet bersama-sama menandai pergantian tahun di Ambon pukul 00.01 WIT.
(Antara/faa)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswire

Editor : Dara Aziliya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top