Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TAHUN BARU 2013: Pengamanan, Polda Sultra siagakan pos di lokasi wisata

KENDARI: Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara mendirikan pos khusus di lokasi wisata untuk mengoptimalkan pengamanan pergantian tahun 2012 ke tahun baru 2013.Kabid Humas Polda Sultra AKBP A Karim Samandi di Kendari, Minggu, mengatakan mayoritas warga,

KENDARI: Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara mendirikan pos khusus di lokasi wisata untuk mengoptimalkan pengamanan pergantian tahun 2012 ke tahun baru 2013.Kabid Humas Polda Sultra AKBP A Karim Samandi di Kendari, Minggu, mengatakan mayoritas warga, terkhusus muda mudi melepas pergantian tahun di lokasi wisata pantai atau wisata alam lainnya."Konon menyambut tahun baru di lokasi wisata penuh makna bagi kalangan muda mudi. Sebaliknya, bagi kepolisian dan aparat terkait yang bertanggungjawab soal keamanan memandang lokasi wisata penuh resiko di malam pergantian tahun," kata Karim Samandi.Pos pengamanan dalam rangka perayaan Natal dan tahun baru 2013 se-Sulawesi Tenggara sebanyak 70 buah. Sedangkan, pos pengamanan khusus di lokasi wisata disesuaikan dengan kondisi atau polsek terdekat sebagai penanggungjawab.Bahkan, menurut Karim Samandi, keterlibatan Badan SAR Nasional di lokasi wisata pantai cukup dominan karena bergerak dalam aspek pertolongan."Khusus obyek wisata pantai didukung pos terpadu dari aspek pengamanan dan pertolongan. Disana ada personil kepolisian, TNI, polisi pamong praja, personil penanggulangan bencana alam dan Basarnas," katanya.Namun, kata dia, kesigapan pengamanan dan regu penolong dalam suatu peristiwa kecelakaan akan jauh lebih bermakna bila pengunjung memelihara keamanan dan keselamatan masing-masing.Kapolres Kendari AKBP Yuyun Yudhantara mengatakan wilayah Polres Kendari memiliki dua pos khusus pengamanan wisata yakni di pantai Nambo dan Toronipa."Berdasarkan pengalaman bahwa Pantai Toronipa dan Nambo disesaki pengunjung saat menyambut tahun baru. Oleh karena itu, dibentuk pos khusus untuk mengoptimalkan tugas-tugas pengamanan di sana," kata Kapolres Yuyun.Jajaran kepolisian mengharapkan dukungan seluruh elemen masyarakat untuk memelihara keamanan dan ketertiban agar seluruh aktivitas berjalan lancar sesuai harapan, katanya. (Antara/arh)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper