Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DUBAI --  Kantor berita resmi Iran, IRNA, melaporkan Iran mulai menggencarkan latihan militer angkatan laut di Selat Hormuz, mulai Jumat (28/12/2012).
 
Manuver tersebut bertujuan menunjukkan kemampuan militer Iran di dalam jalur vital pengiriman gas dan minyak bumi.
 
Komandan angkatan laut Habibollah Sayyari mengatakan latihan yang bernama 'Velayat 91' akan berlangsung hingga Rabu di sepanjang Selat Hormuz yang luasnya sekitar 1 juta km persegi, Teluk Oman, dan bagian utara Samudra Hindia.
 
Sayyari mengatakan tujuan manuver itu adalah untuk menunjukkan kemampuan militer angkatan bersenjata dalam menjaga daerah perbatasan Iran sekaligus mengirim pesan perdamaian dan persahabatan kepada negara-negara tetangga.
 
Pemerintah Iran seringkali mengatakan Iran mampu memblokir selat yang dilalui oleh 40% jalur pengiriman ekspor minyak itu, jika ada militer atau negara yang mau menyerang program nuklirnya.
 
Iran mengadakan latihan 10 hari di akhir Desember ini dan mengirim kapal selam serta kapal perusak ke Teluk empat bulan lalu. Sama halnya dengan yang dilakukan oleh Amerika Serikat dan sekutu angkatan lautnya yang juga sedang melakukan latihan di perairan yang sama. AS berjaga-jaga agar jalur pelayaran minyak tetap terbuka.
 
Sayyari mengatakan latihan baru itu akan menguji sistem rudal, kapal perang, kapal selam, dan kapal patroli serta metode pengintaian.
 
Kehadiran angkatan laut Barat di Teluk itu dimaksudkan mencegah upaya apapun untuk memblokir jalur vital itu.(Reuters/c37/msb)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper