Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RAKERNAS APPSI 2012 Diharap Hasilkan Rekomendasi Pemerintah Hadapi AEC 2015

TANA TORAJA, Sulsel--Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) 2012 diharapkan menghasilkan sejumlah rekomendasi kepada pemerintah pusat untuk mengeluarkan kebijakan strategis dalam mendorong kesiapan daerah

TANA TORAJA, Sulsel--Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) 2012 diharapkan menghasilkan sejumlah rekomendasi kepada pemerintah pusat untuk mengeluarkan kebijakan strategis dalam mendorong kesiapan daerah menghadapi Asean Economic Community (AEC) yang diterapkan 2015.

Ketua APPSI Syahrul Yasin Limpo mengatakan Rakernas APPSI 2012 diharapkan menjadi momentum penguatan posisi pemerintah provinsi dalam mendukung kesiapan Indonesia menghadapi persaingan perdagangan bebas di kawasan Asean yang efektif diterapkan 2015 mendatang. 

"Penyampaian rekomendasi ke pemerintah pusat untuk menghadapi AEC mengingat status otonomi daerah yang diterapkan pada seluruh pemerintah provinsi," kata Syahrul saat Rakernas APPSI 2012 di Tana Toraja, Kamis (27/12/2012). 

Menurutnya, Rakernas APPSI 2012 juga merupakan refleksi kesadaran seluruh gubernur se-Indonesia dalam menghadapi tantangan saat perdagangan bebas Asean telah diterapkan. 

Oleh karena itu, pembenahan secara sistematis pada seluruh lini pemerintahan maupun perekonomian daerah menjadi prioritas pemerintah provinsi sebagai kesiapan dalam mengantisipasi percepatan perdagangan global. 

Rakernas APPSI 2012 tersebut dibuka secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi yang diwakili Dirjen Pemerintahan Umum Kemendagri, I Made Suandi. Sementara peserta Rakernas yang berasal dari 33 pemerintah provinsi se-Indonesia tidak secara keseluruhan dihadiri langsung oleh gubernur masing-masing daerah. 

Tercatat, hanya 12 gubernur yang hadir secara langsung sementara 21 provinsi lainnya dihadiri wakil gubernur dan sekretaris provinsi. (K46)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Amri Nur Rahmat

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper