Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

RAKERNAS APPSI 2012 Diharap Hasilkan Rekomendasi Pemerintah Hadapi AEC 2015

TANA TORAJA, Sulsel--Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) 2012 diharapkan menghasilkan sejumlah rekomendasi kepada pemerintah pusat untuk mengeluarkan kebijakan strategis dalam mendorong kesiapan daerah
News Editor
News Editor - Bisnis.com 28 Desember 2012  |  04:13 WIB

TANA TORAJA, Sulsel--Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) 2012 diharapkan menghasilkan sejumlah rekomendasi kepada pemerintah pusat untuk mengeluarkan kebijakan strategis dalam mendorong kesiapan daerah menghadapi Asean Economic Community (AEC) yang diterapkan 2015.

Ketua APPSI Syahrul Yasin Limpo mengatakan Rakernas APPSI 2012 diharapkan menjadi momentum penguatan posisi pemerintah provinsi dalam mendukung kesiapan Indonesia menghadapi persaingan perdagangan bebas di kawasan Asean yang efektif diterapkan 2015 mendatang. 

"Penyampaian rekomendasi ke pemerintah pusat untuk menghadapi AEC mengingat status otonomi daerah yang diterapkan pada seluruh pemerintah provinsi," kata Syahrul saat Rakernas APPSI 2012 di Tana Toraja, Kamis (27/12/2012). 

Menurutnya, Rakernas APPSI 2012 juga merupakan refleksi kesadaran seluruh gubernur se-Indonesia dalam menghadapi tantangan saat perdagangan bebas Asean telah diterapkan. 

Oleh karena itu, pembenahan secara sistematis pada seluruh lini pemerintahan maupun perekonomian daerah menjadi prioritas pemerintah provinsi sebagai kesiapan dalam mengantisipasi percepatan perdagangan global. 

Rakernas APPSI 2012 tersebut dibuka secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi yang diwakili Dirjen Pemerintahan Umum Kemendagri, I Made Suandi. Sementara peserta Rakernas yang berasal dari 33 pemerintah provinsi se-Indonesia tidak secara keseluruhan dihadiri langsung oleh gubernur masing-masing daerah. 

Tercatat, hanya 12 gubernur yang hadir secara langsung sementara 21 provinsi lainnya dihadiri wakil gubernur dan sekretaris provinsi. (K46)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Amri Nur Rahmat

Editor : Yanita Petriella

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top