Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BKPMD SULSEL Beri Bimbingan Teknis Kepada 100 Pelaku UMKM Di Makassar

MAKASSAR--Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPMD) Sulawesi Selatan memberikan bimbingan teknis kepada sekitar 100 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Makassar.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 26 Desember 2012  |  19:05 WIB

MAKASSAR--Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPMD) Sulawesi Selatan memberikan bimbingan teknis kepada sekitar 100 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Makassar.

Kepala Bidang Pengembangan BKPMD Sulsel Mukhlis mengatakan bimbingan tersebut berupa pemberian pembekalan tentang peningkatan kualitas UMKM termasuk pengetahuan soal administrasi. 

“Dalam pelatihan itu kami mendata bidang usaha UMKM yang potensial untuk kemudian dilakukan pembukuan usaha,” kata Muhklis seusai memberikan bimbingan teknis UMKM, Rabu (26/12/2012). 

Setelah dilakukan pembukuan usaha potensial, lanjutnya, kemudian diajukan ke Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Pusat.  

“BKPM kemudian akan menyeleksi untuk menentukan usaha apa saja yang layak diberikan pembiayaan untuk pengembangan,” ujarnya. 

Dalam bimbingan itu, mereka juga membahas kendala-kendala UMKM dalam mengajukan proposal Kredit Usaha Rakyat (KUR), termasuk metode UMKM melakukan promosi produk dan bimbingan pengelolaan administrasi atau pembukuan UMKM. 

“Diharapkan dengan bimbingan teknis ini, bukan hanya akan memperbaiki kualitas UMKM tetapi juga akan memberikan pemahaman tentang sistem administrasi dalam dunia usaha,” katanya. 

Muhklis juga mengatakan pada 2013, secara bertahap akan dilakukan pelatihan pengemasan produk kepada pelaku UMKM.  

“Kami sudah anggarkan di tahun depan, karena masih ada permintaan untuk pelatihan tersebut,” ucapnya. (K46) 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Hendra Nick Arthur

Editor : Yanita Petriella

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top