Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

AKSI KORPORASI: Emtek Kuasai 30% Saham Plan B Media

JAKARTA--Porsi pembelian saham perusahaan induk grup media milik keluarga Sariaatmadja PT Elang Mahkota Teknologi Tbk  (Emtek) ke perusahaan iklan Thailand, Plan B Media Co. Ltd.,  hanya 30% atau masih minoritas. 
Andhika Anggoro Wening
Andhika Anggoro Wening - Bisnis.com 26 Desember 2012  |  15:33 WIB

JAKARTA--Porsi pembelian saham perusahaan induk grup media milik keluarga Sariaatmadja PT Elang Mahkota Teknologi Tbk  (Emtek) ke perusahaan iklan Thailand, Plan B Media Co. Ltd.,  hanya 30% atau masih minoritas. 

Pembelian saham itu dilakukan Emtek dengan dana senilai Rp302,69 miliar atau setara 960 juta baht. 

"Tujuannya untuk ekspansi. Semua dananya dari internal," ujar Sekretaris Perusahaan Elang Mahkota Titi Maria Rusli melalui telepon kepada wartawan Selasa  (26/12). 

Dalam keterangannya kepada Bursa Efek Indonesia, perusahaan yang berkode saham EMTK itu menjelaskan target akuisisi adalah perusahaan media iklan di luar ruangan. 

Manajemen perseroan mengatakan investasi di Plan B Media Co. Ltd. dimaksudkan untuk memperluas kegiatan usaha media emiten dan anak usahanya ke beberapa platform media. 

Titi menambahkan perusahaan Thailand itu sudah berjalan dan nantinya akan disinergikan dengan anak usaha perusahaan yang lain. Perseroan juga menyatakan akan memfinalisasi investasi di Plan B Media Co. Ltd. pada akhir Januari tahun depan. 

Perusahaan yang dipimpin Sutanto Hartono tersebut mengatakan dewan direksi telah mendapatkan persetujuan dari rapat dewan komisaris pada 6 Desember 2012 untuk melakukan investasi tersebut. 

Elang Mahkota merupakan induk dari PT Surya Citra Media Televisi, yang mengelola stasiun TV SCTV melalui PT Surya Citra Media Tbk yang berkode saham SCMA. 

Selain itu, beberapa unit usaha lain yang pernah dimiliki perusahaan adalah rumah produksi seperti SinemArt pada 2003--2006 dan MD Entertainment pada periode 2003--2010. 

Dalam kelompok usaha perusahaan yang dikuasai keluarga Sariaatmadja itu, Elang Mahkota Teknologi bertindak sebagai induk usaha. 

Satu emiten lain yang baru masuk ke dalam kelompok usaha tersebut adalah PT Indosiar Karya Media Tbk yang berkode saham IDKM. 

Selain memiliki anak usaha di bidang media dan solusi, perusahaan juga memiliki beberapa anak usaha lain yaitu PT Bitnet Komunikasindo, PT Mediatama Anugrah Citra (Nexmedia), PT Elang Graha Propertindo, dan PT Indosurya Menara Bersama. (if)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Wan Ulfa Nur Zuhra

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top