Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LIBUR TAHUN BARU: Jalur Puncak Ditutup 12 Jam

JAKARTA - Malam Tahun Baru banyak dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur. Tak terkecuali warga ibukota yang diperkirakan akan menyerbu kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat.Korps Lalu Lintas Polri National Traffic Management Center (NTMC) Polda Metro Jaya

JAKARTA - Malam Tahun Baru banyak dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur. Tak terkecuali warga ibukota yang diperkirakan akan menyerbu kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat.Korps Lalu Lintas Polri National Traffic Management Center (NTMC) Polda Metro Jaya melalui akun resmi di situs microblogging Twitter mengumumkan pada malam Tahun Baru jalur di kawasan Puncak akan ditutup."Pada malam Tahun Baru 31 Desember 2012 jalur menuju kawasan Puncak akan ditutup pada pukul 18.00 hingga pukul 06.00 esok harinya untuk menghindari stagnasi dan over load volume kendaraan yang menuju Puncak," tulis @TMCPoldaMetro, Minggu (23/12/2012).Sementara itu, di situs resmi NTMC Polda Metro Jaya mengumumkan bahwa Polres Bogor, Jawa Barat akan menerapkan pengaturan lalu lintas di kawasan Puncak pada saat libur panjang Natal dan Tahun Baru 2013. Kapolres Bogor AKBP Asep Safrudin menuturkan pada libur Natal dan Tahun Baru, jajaran aparat kepolisian akan menerapkan sistem situasional atau sistem one way (satu arah) di kawasan Puncak, sesuai dengan volume kendaraan yang melintas. Sistem one way akan diberlakukan secara situasional jika volume kendaraan dipadati oleh para pengguna jalan. "Sistem buka tutup kami lakukan dengan melihat intensitas volume kendaraan dari arah Bandung maupun dari arah Jakarta. Apabila dari arah Jakarta lebih banyak daripada dari arah Cianjur turun ke bawah, maka kami prioritaskan adalah yang banyak. Begitu juga sebaliknya, sehingga kali lakukan pengaturan," ungkapnya.  Bagi pengguna jalan yang akan masuk ke kawasan Puncak atau akan menikmati libur Natal dan Tahun Baru di Puncak, rencananya jajaran kepolisian akan melakukan pengalihan arus lalu lintas pada 31 Desember mulai pukul 18.00 WIB. Dimana, jelas Kapolres, jika memang volume kendaraan sudah tidak memadai untuk masuk ke kawasan Puncak, maka dari arah Jakarta yang akan masuk ke kawasan Puncak akan dialihkan menuju ke kawasan Cariu, Jonggol maupun kawasan Sukabumi untuk melintasi Cianjur maupun Bandung. (msb)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Annisa Margrit
Sumber : Sukirno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper