Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

RSPO Luncurkan Pedoman Berbelanja Produk Merek Dagang RSPO

JAKARTA-Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO), sebuah organisasi multi-stakeholder internasional yang mendukung minyak sawit berkelanjutan bersertifikat (certified sustainable palm oil/CSPO), baru saja meluncurkan trademark consumer guide, pedoman
News Editor
News Editor - Bisnis.com 20 Desember 2012  |  09:36 WIB

JAKARTA-Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO), sebuah organisasi multi-stakeholder internasional yang mendukung minyak sawit berkelanjutan bersertifikat (certified sustainable palm oil/CSPO), baru saja meluncurkan trademark consumer guide, pedoman berbelanja yang mencantumkan daftar brand yang menggunakan CSPO.

Pedoman berbelanja itu juga mencantumkan berbagai tipe produk dan di negara mana produk-produk itu dipasarkan. Pedoman ini dapat dijadikan sebagai sumber informasi yang dapat dibawa setiap saat oleh para konsumen sehingga dapat memilih produk secara bijak dan bertanggungjawab.

Pedoman tersebut - yang akan terus diperbarui secara berkala - mencantumkan 9 kategori produk yang terdiri dari biskuit, roti atau kue, lilin, sereal, minyak goreng, berondong jagung, makanan ringan, sabun dan selai yang berasal dari 19 brand, antara lain Body Shop, Carrefour, L’Occitane, Mark & Spencer dan Walmart.

Merek dagang RSPO, yang diluncurkan pad Juni 2011 adalah merek dagang global yang mensimbolisasi produk-produk yang berkomitmen terhadap CSPO RSPO. Negara-negara yang memiliki peran penting di pasar industri minyak sawit dunia seperti Belanda, Belgia dan Inggris dengan tegas menyatakan komitmen mereka untuk menggunakan 100% CSPO RSPO, yang kemudian diikuti oleh negara-negara lainnya.

Banyak perusahaan multinasional, antara lain Unilever, Nestle, Ferrero, Johnson & Johnson dan P&G, juga telah menyatakan komitmen untuk menggunakan 100% CSPO RSPO dalam waktu dekat. Hingga saat ini, terdapat 98 perusahaan yang tersebar di 18 negara yang telah mendapatkan lisensi untuk menggunakan merek dagang RSPO. (yus)URIA SIMANJUNTAKSenior Associate GolinHarris Indonesia 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : David Eka Issetiabudi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top