Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PEMILU KORSEL: Park Geun Hye, presiden perempuan pertama Korsel

SEOUL: Park Geun Hye resmi terpilih sebagai Presiden Korea Selatan sekaligus menjadi perempuan pertama yang memimpin negara perekonomian keempat terbesar di Asia tersebut.
 
Menurut data Komisi Pemilihan Nasional dalam situs resminya, Park mengungguli pesaingnya, Moon Jae In dengan perolehan hasil akhir 51,7%:47,9% dari 94,2% suara yang terkumpul.
 
Park, yang berusia 60 tahun tersebut berasal dari Partai Grand National Party (GNP) pada 2004-2006 dan 2011-2012. Partai GNP kemudian berubah nama menjadi Partai Saenuri pada Februari 2012.
 
Putri-yang belum menikah-dari diktator Korea Selatan terlama ini akan memimpin sebuah negara yang penuh tantangan. 
 
Dia harus menghadapi perlambatan ekonomi, memperluas kesenjangan pendapatan, dan meninjau kembali hubungan dengan Korea Utara setelah peluncuran roket dari negara totaliter itu, pekan lalu.
 
"Kemenangan Park adalah simbolis secara historis," kata Lee Nae muda, Profesor Ilmu Politik di Universitas Korea di Seoul.
 
Dia berpendapat rakyat melihat Park sebagai seorang pemimpin yang menawarkan kepemimpinan stabil untuk menavigasi negara melalui resesi global di tengah meningkatnya ketidakpastian internal dan eksternal, terutama dalam urusan luar negeri dan keamanan nasional.
 
Park akan resmi menjabat dan melakukan aktivitas kepresidenannya pada 25 Februari 2013, sejalan dengan berakhirnya masa jabatan Presiden Lee Myung Bak selama 5 tahun.
 
Park juga berseru kepada kerumunan di Seoul bahwa kemenangannya merupakan kemenangan rakyat Korea Selatan.
 
"Ini adalah kemenangan Anda. Kalian telah membua era baru dan Saya akan membawa kepercayaan ini ke dalam hati," ujar Park.  (ra)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Dimas Novita Sari

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper