Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PEMILU KORSEL: Park Geun Hye, presiden perempuan pertama Korsel

News Editor
News Editor - Bisnis.com 20 Desember 2012  |  06:34 WIB
SEOUL: Park Geun Hye resmi terpilih sebagai Presiden Korea Selatan sekaligus menjadi perempuan pertama yang memimpin negara perekonomian keempat terbesar di Asia tersebut.
 
Menurut data Komisi Pemilihan Nasional dalam situs resminya, Park mengungguli pesaingnya, Moon Jae In dengan perolehan hasil akhir 51,7%:47,9% dari 94,2% suara yang terkumpul.
 
Park, yang berusia 60 tahun tersebut berasal dari Partai Grand National Party (GNP) pada 2004-2006 dan 2011-2012. Partai GNP kemudian berubah nama menjadi Partai Saenuri pada Februari 2012.
 
Putri-yang belum menikah-dari diktator Korea Selatan terlama ini akan memimpin sebuah negara yang penuh tantangan. 
 
Dia harus menghadapi perlambatan ekonomi, memperluas kesenjangan pendapatan, dan meninjau kembali hubungan dengan Korea Utara setelah peluncuran roket dari negara totaliter itu, pekan lalu.
 
"Kemenangan Park adalah simbolis secara historis," kata Lee Nae muda, Profesor Ilmu Politik di Universitas Korea di Seoul.
 
Dia berpendapat rakyat melihat Park sebagai seorang pemimpin yang menawarkan kepemimpinan stabil untuk menavigasi negara melalui resesi global di tengah meningkatnya ketidakpastian internal dan eksternal, terutama dalam urusan luar negeri dan keamanan nasional.
 
Park akan resmi menjabat dan melakukan aktivitas kepresidenannya pada 25 Februari 2013, sejalan dengan berakhirnya masa jabatan Presiden Lee Myung Bak selama 5 tahun.
 
Park juga berseru kepada kerumunan di Seoul bahwa kemenangannya merupakan kemenangan rakyat Korea Selatan.
 
"Ini adalah kemenangan Anda. Kalian telah membua era baru dan Saya akan membawa kepercayaan ini ke dalam hati," ujar Park.  (ra)
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Dimas Novita Sari

Editor : Basilius Triharyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top