Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PILGUB JABAR: Dede, Aher dan 'Oneng' Bakal Bersaing Ketat

BANDUNG—Tiga artis Indonesia yang menjadi calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat dalam Pilgub Jabar 2013 diduga bakal menang dalam pesta demokrasi bumi parahiyangan itu.Lembaga Survei Indonesia menilai pasangan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar,

BANDUNG—Tiga artis Indonesia yang menjadi calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat dalam Pilgub Jabar 2013 diduga bakal menang dalam pesta demokrasi bumi parahiyangan itu.Lembaga Survei Indonesia menilai pasangan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar, Dede Yusuf-Lex Laksamana, dan Oneng, begitu sebutan populer di sinetron Bajaj Bajuri untuk Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki adalah pasangan kuat dalam Pilgub Jabar 2013.Direktur Eksekutif Komunikasi LSI Burhanuddin Muhtadi mengatakan ketiga calon tersebut memiliki popularitas dan elektabilitas yang unggul dibanding calon lain, ditunjang latar belakang keartisan yang dimilikinya.“Aher mendapat pendamping yang tepat. Kalau tidak ada Deddy Mizwar, memang berat untuk Aher. Itu yang membuat dia tidak dapat disepelekan khusus sebagai calon pemenang,” katanya saat dijumpai di Kampus Unpad, Kamis (20/12/2012).Selain memiliki kekuatan sebagai petahana, Ahmad Heryawan menurutnya dapat menandingi Dede Yusuf yang memiliki popularitas dan elektabilitas yang lebih tinggi.“Sebagai wakil gubernur [Dede Yusuf], memang jarang kami temukan wakil gubernur yang popularitas dan elektabilitasnya lebih unggul dibanding gubernurnya sendiri,” ujarnya.Untuk Rieke, dia menyatakan modal popularitas dari keartisannya dan juga track record-nya yang positif sebagai anggota DPR dari Dapil Jabar II, menjadikannya sebagai salah satu calon yang kuat.“Didampingi pendamping yang kuat kekritisannya soal korupsi, membuat Rieke dan Teten dengan partai PDI-P yang terkenal solid, mucul juga sebagai calon potensial untuk memenangkan pilkada ini,” tuturnya.Akan tetapi, dia mengungkapkan dari tiga calon gubernur-wakil gubernur tersebut, pihaknya belum bisa menilai mana yang paling unggul. “Belum ada data terbaru,” sebutnya.Dukungan dari warga pun mengalir. Hilman, warga Bandung, mengatakan setiap kali Dede muncul di keramaian masyarakat terutama kaum wanita histeris. "Karisma Kang Dede memang luar biasa, ketika dia muncul ibu-ibu dan para gadis berteriak-teriak," kata ayah 2 anak itu.Berbeda dengan calon lainnya, kata Hilman, ada yang datang ke pasar tapi tak ada yang kenal dia. "Padahal dia aktivis antikorupsi. Yang tahu cuma wartawan dan kalangan LSM," katanya.Namun Asep, warga Bandung lainnya, justru menilai pasangan Aher-Deddy dan Rieke-Teten yang bakalan moncer. "Kalau Dede mah ke laut ajah," katanya dengan logat Sunda yang kental. (JIBI/LN) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Abdallah Gifar & Lahyanto Nadie

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper