Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LAHAN INDUSTRI: Tersedia 700 Ha Di Jabar Tahun Depan

JAKARTA-- Lembaga riset properti Cushman & Wakefield Indonesia memproyeksikan terdapat 700 hektare pasokan baru lahan industri di Jakarta  dan Jawa Barat  pada tahun depan. Mayoritas pasokan baru tersebut berada di koridor Bekasi-Karawang.Wira

JAKARTA-- Lembaga riset properti Cushman & Wakefield Indonesia memproyeksikan terdapat 700 hektare pasokan baru lahan industri di Jakarta  dan Jawa Barat  pada tahun depan. Mayoritas pasokan baru tersebut berada di koridor Bekasi-Karawang.Wira Agus, Associate Director Sektor Industrial Cushman & Wakefield Indonesia, mengatakan pasokan baru tersebut untuk memenuhi permintaan dari pengusaha sektor otomotif, consumer goods, dan logistik."Dari pasokan baru itu, yang sudah rilis ke publik adalah tambahan di KIIC (Karawang International Industry City) seluas 200 hektare. Pasokan baru banyak di Bekasi-Karawang karena 80% dari permintaan yang ada terserap di koridor tersebut," terangnya saat dihubungi Bisnis, Rabu (19/12)Data dari lembaga riset itu merinci, permintaan atau net take up lahan industri di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Karawang, Purwakarta, Serang, dan Bogor pada tahun ini turun 38% menjadi 594 hektare dibandingkan dengan tahun lalu.Sebagian besar permintaan pada kuartal IV/2012 berasal dari industri pendukung, bukan dari industri utama, sehingga rerata permintaan per transaksi turun menjadi 4 hektare dari kuartal sebelumnya yang 10 hektare.Walau terjadi penurunan permintaan, keterbatasan pasokan baru mendorong pertumbuhan tingkat penjualan kumulatif dengan rekor sebesar 82,2%, naik dari 81% di kuartal sebelumnya. (if) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper