Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

UNWTO sambut wisatawan ke-1 miliar di Spanyol

nurul
nurul - Bisnis.com 17 Desember 2012  |  09:51 WIB
JAKARTA: United Nation World Tourism Organization (UNWTO) sambut wisatawan ke satu miliar pada tahun ini di Madrid, Spanyol.
 
"Kami sambut turis dari Inggris yang berkunjung ke Spanyol, Kamis 13/12/2012 secara simbolis sebagai wisatawan dunia ke satu miliar yang berwisata tahun ini," ungkap Taleb Rifai, Sekjen UNWTO, dalam rilisnya hari ini (17/12/2012). 
 
Berbicara dalam rilisnya, Taleb Rifai mengatakan penyambutan di lakukan oleh Menteri Perindustrian, Energi dan Pariwisata Spanyol, José Manuel Soria, Walikota Spanyol Ana Botella dan dirinya di Museo del Prado, Madrid.
 
Penyambutan itu sekaligus bagian dari kampanye pencapaian satu milyar wisatawan dunia oleh UNWTO untuk meyakinkan masyarakat  bahwa  pariwisata mampu menciptakan beragam peluang dari kunjungan wisman. Selain juga menciptakan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi di berbagai belahan dunia. 
 
"Turis yang kami sambut adalah  Dale Sheppard-Floyd yang terbang dari Inggris ke Spanyol dan berkunjung selama tiga hari. Selama kunjungannya ini dia akan menikmati pengalaman budaya yang baru, bertemu beragam orang dan kunjungannya itu akan membantu ekonomi lokal, mendorong penyerapan tenaga kerja seperti waiter, tour guide dan profesi lainnya yang menunjang kegiatan wisata," kata Taleb Rifai.
 
Profesi mereka merupakan garda terdepan dalam industri wisata yang menikmati langsung kunjungan turis ke suatu negara seperti halnya para supir taksi, produsen makanan dan minuman dan profesi lainnya.
 
"Jika kita hitung dampak berganda dari kunjungan satu milyar wisatawan, maka kita akan mulai mengerti akan pencapaian yang sangat signifikan ini," tegasnya. 
 
Perayaan berlangsung di Musem Del Prado, Madrid, sebuah obyek  yang menjadi daya tarik utama wisman di kota Madrid yang  di hadiri perwakilan UNWTO dan kalangan industri pariwisata Spanyol serta  kalangan swasta lainnya.
 
Taleb mengatakan mengingat sulit untuk mengetahui siapa sebenarnya wisatawan yang sebenarnya masuk hitungan ke satu milyar, maka banyak negara melakukan seremonial serupa pada 13 Desember 2012 secara serentak.
 
José Manuel Soria berterima kasih pada UNWTO yang sudah memilih Spanyol sebagai tempat penyambutan dan merayakan wisman ke satu milyar yang melakukan perjalanan wisata sepanjang tahun ini. 
 
Spanyol memang salah satu negara tujuan wisata utama bagi wisatawan dunia dimana sektor ini berkontribusi 11% bagi perekonomian negara. 
 
Dia menekankan bagaimana pentingnya sektor pariwisata Spanyol dalam hal penciptaan lapangan kerja dan kontribusinya pada perkembangan ekonomi negara. 
 
José Manuel Soria mencatat bahwa Spanyol menerima kunjungan wisman sepanjang 2012 ini sebanyak 58 juta orang yang meningkatkan penerimaan devisa. Dia kembali menekankan pentingnya untuk meningkatkan dan mempertahankan tingkat kunjungan wisman dengan menawarkan pengalaman yang beragam. 
  
"Madrid City Council bangga kotanya menjadi tempat penyambutan karena memperkuat pencitraan sebagai salah satu kota tujuan wisman. Selain itu Madrid Visitors & Convention Bureau juga menjadikan pariwisata sebagai pilar kesejahteraan dan penyerap tenaga kerja," kata Ana Botella, Wali kota Madrid. (faa)
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Dara Aziliya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top