Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UKM ROKOK: Harga pita cukai naik, produksi pengusaha kecil kian tertekan

MALANG: Produksi rokok skala kecil di Kabupaten Malang Jawa Timur menunjukkan tren penurunan dipicu kenaikan pita cukai maupun cengkeh. Selain itu banyak industri rokok utamanya di Kabupaten Malang yang mulai tumbang akibat tingginya harga bahan baku

MALANG: Produksi rokok skala kecil di Kabupaten Malang Jawa Timur menunjukkan tren penurunan dipicu kenaikan pita cukai maupun cengkeh. Selain itu banyak industri rokok utamanya di Kabupaten Malang yang mulai tumbang akibat tingginya harga bahan baku tersebut.

Marketing Manager Pabrik Rokok (PR) Bintang Sayap Insan Kepanjen Kabupaten Malang Ardi mengatakan kenaikan pita cukai dan cengkeh dirasakan berat bagi industri rokok skala kecil.

“Tentunya berat bagi PR seperti kami karena regulasi selama 2011-2012 kenaikan pita cukai hingga mencapai Rp110.000 per bal untuk rokok 16 batang,” kata Ardi kepada Bisnis di Malang, Sabtu (15/12).

Selain itu harga cengkeh pada tahun lalu juga cenderung melejit dan menembus level Rp140.000 per kg dari sebelumnya Rp60.000 per kg. Kondisi tersebut tentunya memukul sekaligus mengancam eksistensi PR skala kecil. Karena untuk menaikkan harga jual rokok mengikuti kenaikan yang mencapai Rp110.000 per bal itu jelas sulit dilakukan.

“Karena kenaikan harga jual rokok tidak bisa dilakukan dengan cepat mengikuti kenaikan pita cukai tersebut.”

Sementara keberadaan cengkeh di pasaran yang menjadi bahan baku utama setelah tembakau juga cenderung terbatas. Karena cengkeh lebih banyak dikuasai oleh pabrikan rokok besar.

“Produksi cengkeh per tahun bisa diukur. Sehingga keterbatasan produksi tersebut menjadikan harga cengkeh melejit. Dan bagi PR yang tidak bisa membeli dengan harga tinggi jelas terancam eksistensinya.”

Sehingga adalah wajar jika banyak PR di Kabupaten Malang mulai bertumbangan. Dari sebelumnya sebanyak 300 PR saat ini menyusut dan hanya tinggal tak kurang 70 PR saja.

Kondisi juga diprediksi akan berat karena pada 2013 mendatang pita cukai juga dimungkinkan masih naik. Jika pita cukai kembali naik maka industri rokok di Kabupaten Malang jelas akan semakin terancam eksistensinya.

Apalagi biaya produksi juga akan semakin meningkat tajam seiring kenaikan tarif dasar listrik (TDL) maupun upah minimum kabupaten (UMK) pada 2013. Sementara jumlah karyawan yang ada di PR jumlahnya mencapai ribuan orang. (k25/arh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : JIBI

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper