Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SAWAH ABADI: Komitmen Pemda di Jabar Rendah

BANDUNG—Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jawa Barat menilai komitmen kepala daerah di Jawa Barat untuk menyokong progam sawah abadi sangat rendah.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 12 Desember 2012  |  13:45 WIB

BANDUNG—Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jawa Barat menilai komitmen kepala daerah di Jawa Barat untuk menyokong progam sawah abadi sangat rendah.

Ketua HKTI Jabar Entang Sastraatmadja mengatakan idealnya lahan yang ada sekarang ini seluas  1.921.739 hektare harus dipertahankan.

“Sejauh ini belum ada angka yang signifikan tentang luas lahan yang dijadikan sawah abadi walau sudah ada Perda No 27/2010 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan,” katanya, kepada Bisnis, Rabu (12/12).

Menurutnya, UU No. 41/2009 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (PLPB) telah menjadi payung hukum untuk mempertahankan basis perekonomian petani.

Menurutnya, lahan pertanian merupakan satu-satunya aset petani untuk jangka panjang. Para petani jangan sampai tergiur uang sehingga menjual sawahnya. Sementara itu, mereka tidak punya keahlian selain bertani. 

“Hal ini banyak terjadi dan semua pihak harus mencegahnya,” ucapnya.

Disamping itu, untuk mempertahankan keberadaan lahan pertanian merupakan program pemerintah untuk menopang pangan nasional. Lahan pertanian harus ditambah untuk mencukupi kebutuhan pangan penduduk yang semakin bertambah.(k6/yri) (FOTO:JIBIPhoto)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Hedi Ardia

Editor : Arys Aditya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top