Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

INDUSTRI OTOMOTIF: Pasar Mobil Mewah Masih Cerah

Penjualan Mobil Mewah Januari-November (Unit)
Adi Purdiyanto
Adi Purdiyanto - Bisnis.com 12 Desember 2012  |  17:40 WIB

Penjualan Mobil Mewah Januari-November (Unit)

Komponen20112012
Kompak Premium109785
Sedan Kecil2.9573.772
Sedan Medium5.7676.695
Sedan Besar1.8521.885
Sedan Premium856921

Sumber: Gaikindo

JAKARTA – Segmen mobil mewah diproyeksikan masih dapat tumbuh dengan baik hingga tahun depan yang didorong oleh pertumbuhan ekonomi yang baik serta meningkatnya jumlah golongan menengah ke atas.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor mencatat penjualan mobil premium sepanjang 11 bulan pertama tahun ini mencapai 20.226 unit, atau naik sekitar 30% dibandingkan periode yang sama tahun lalu yakni sebanyak 15.658 unit.

“Dengan pertumbuhan ekonomi yang semakin baik sejak 2009, pasar mobil mewah di Tanah Air masih sangat prospektif,” ungkap Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia, Rabu (12/12).

Ramesh menjelaskan kondisi ekonomi yang mampu bertahan di tengah krisis global saat ini mendorong peningkatan jumlah golongan atas yang turut menggenjot permintaan akan mobil mewah.

Para pengusaha, lanjutnya, yang sering melakukan perjalanan ke luar negeri dan melihat beberapa model dan produk baru mobil mewah baru biasanya akan meminta para agen tunggal pemegang merek (ATPM) untuk memasoknya ke dalam negeri.

“Kami memproyeksikan penjualan produk BMW pada tahun depan dapat tumbuh dua digit,” ujarnya.

Dia menuturkan penjualan mobil BMW sepanjang Januari-November mencapai 1.990 unit, melonjak 44% dibandingkan pencapaian pada periode yang sama tahun lalu yakni sebanyak 1.399 unit.

Kenaikan penjualan ini, tutur Ramesh, didorong oleh meningkatnya permintaan pada sedan dengan model 3-series dan 5-series, yang mencatatkan total penjulan sepanjang 11 bulan pertaman tahun ini masing-masing sebanyak 595 unit dan 531 unit.

“5-series dan 3-series masing-masing berkontribusi sekitar 30%. Adapun, tipe X-series juga meningkat dengan kontribusi mencapai 20%,” katanya.

Ramesh juga memproyeksikan prospek model sport utility vehicle (SUV) premium semakin menjanjikan seiring dengan semakin banyaknya para ATPM meluncurkan produk baru di segme tersebut.

Pihaknya mengklaim saat ini memiliki produk mobil mewah yang paling lengkap di semua segmen termasuk SUV. Dia menuturkan penjualan SUV X1 sepanjang Januari-November tahun ini mencapai 382 unit.

Selain BMW, beberapa ATPM lain juga mulai membawa produk SUV premium mereka ke pasar domestik seperti AUDI dengan model Q, General Motors melalui Chevrolet Trailblazer, dan lain sebagainya.

Kompak Premium

Selain segmen SUV premium yang terus berkembang, potensi pasar mobil mewah pada 2013 semakin prospektif yang terlihat dari mulai menggeliatnya penjualan di segmen kompak sepanjang tahun ini.

Mobil kompak kecil MINI, yang dipakai sebagai kendaraan Mr. Bean, mencatatkan rekor penjualan terbanyak yakni mencapai 365 unit sepanjang tahun ini, atau terjual sebanyak 1 unit per harinya.

“Respon pasar yang luar biasa dari masyarakat menunjukkan mobil ini diterima dengan sangat baik. Di tengah sempitnya pasar mobil mewah di dalam negeri, MINI berhasil mendapatkan posisi yang unik,” ungkap Ramesh.

Ramesh menjelaskan saat ini terjadi perubahan tren pada masyarakat kelas atas yakni mereka menginginkan produk yang ekslusif dan berbeda dari yang lain untuk menunjukkan ekspresi dan jati diri masing-masing.

Selain itu, tren pemilihan warna pada konsumen juga mulai terlihat dari semakin beragamnya permintaan warna mobil dan aksesoris tambahan lainnya. Dia menjelaskan pada 2009, permintaan warna mobil tidak bervariasi yakni terbatas pada hitam dan silver saja.

Secara mengejutkan, penjualan mobil kompak premium naik lebih dari 600% dari 109 unit pada Januari-November 2011 menjadi 785 unit pada periode yang sama tahun ini dengan pertumbuhan hampir merata di model lain.

“Kami akan membuka diler MINI pada awal 2013 ini karena melihat semakin prospektifnya pasar kompak premium,” ungkap Jentri Izhar, Head of MINI.

Volkswagen juga ikut meramaikan pasar kompak mewah ini dengan menghadirkan Polo yang sepanjang 11 bulan pertama tahun ini terjual sebanyak 296 unit, atau naik lebih dari tiga kali lipat dibandingkan periode yang sama 2011 yakni sebanyak 72 unit.(msb)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Maftuh Ihsan

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top