Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PUSAT PENYIMPANAN DATA: Instansi Pemerintah Belum Gunakan Instalasi di Batam

BATAM--Badan Pengusahaan (BP) Batam berharap instansi nasional dan swasta agar menggunakan Disaster Recovery Center (DRC) milik BP Batam ketimbang fasilitas serupa yang ada di Singapura atau Malaysia.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 11 Desember 2012  |  18:21 WIB

BATAM--Badan Pengusahaan (BP) Batam berharap instansi nasional dan swasta agar menggunakan Disaster Recovery Center (DRC) milik BP Batam ketimbang fasilitas serupa yang ada di Singapura atau Malaysia.

Donald Panjaitan, Kepala Pusat Data Sistem Informasi BP Batam, mengungkapkan pihaknya sejak 2011 terus mendorong agar pusat data milik BP Batam dimanfaatkan instansi nasional untuk DRC.

"Kami terus memperkenalkan data center BP Batam, agar mereka tahu di Batam ada data center termasuk fasilitas DRC. Daripada mereka simpan di Singapura," paparnya, disela-sela bussines gathering pusat data BP Batam, Selasa (11/12/2012).

Donald menyebutkan saat ini sekitar 60% dari 150 rak server DRC ini sudah digunakan sejumlah insntansi pemerintahan. Salah satunya digunakan Kemendagri untuk data back-up e-KTP di Indonesia.

Hal tersebut, menurutnya sudah cukup meyakinkan instansi nasional untuk menempatkan data back-up milik mereka di BP Batam.

Penggunaan data center milik BP Batam sebagai salah satu instansi pemerintahan, lanjut Donald, juga ditegaskan dalam PP 82/2012 tentang Penyelenggaraan Sistem Elektronik di Indonesia.

"PP itu menyampaikan, seluruh backup data kantor pemerintahan harus di simpan di Indonesia," katanya.

Menurutnya, PP tersebut justru membuka peluang bagi BP Batam untuk memaksimalkan penggunaan DRC miliknya disaat Malaydia dan Singapura juga memiliki DRC.

"Namun hingga saat ini, justru sejumlah perbankan nasional dan instansi nasional menyimpan DRC di Malaysia dan Singapura, ini peluang buat kami agar mereka tidak perlu keluar," paparnya.(k17/k59)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Chandra Gunawan

Editor : Wahyu Kurniawan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top