Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

GEOPARK BATUR: Resmi Dikukuhkan, Beri Imbas Kesejahteraan

BANGLI: Pengukuhan Taman Bumi atau Geopark Batur, Kintamani, Bangli, Bali sebagai salah satu jaringan global Geopark Globa Network Unesco diharapkan memberikan dampak bagi kesejahteraan masyarakat daerah di sekitarnya.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 18 November 2012  |  15:31 WIB

BANGLI: Pengukuhan Taman Bumi atau Geopark Batur, Kintamani, Bangli, Bali sebagai salah satu jaringan global Geopark Globa Network Unesco diharapkan memberikan dampak bagi kesejahteraan masyarakat daerah di sekitarnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Mari LK Pangestu mengatakan  perjuangan 4 tahun untuk Batur juga merupakan bagian dari pemuliaan warisan budaya.

Dia mencontohkan Geopark Taishan China setelah dikukuhkan pada 2007 mendorong angka kunjungan wisatawan sebesar 200 ribu orang dengan devisa US$3 juta. Selama 4 tahun terjadi angkia kunjungan 1,25 juta wisatawan dan mampu menghasilkan devisa US$ 90 juta.

“Geopark juga memberikan lapangan pekerjaan bagi penduduk sekitarnya karena pembangunan sarana 400 hotel dan 200 villa yang mampu menyerap 5.000 tenaga kerja,” katanya, saat pengukuhan Geopark Batur sebagai jaringan Global Geopark Unesco di Bangli, Sabtu (17/11/2012).

Kata Mari wisata alam tersebut juga bisa dikembangkan untuk wisata kesehatan dan kebugaran dari sumber air panas yang mengandung belerang di dekat Danau Batur. Fasilitas spa dengan ramuan tradisional bakal menarik minat wisatawan mancanegara.

Menteri ESDM Jero Wacik menuturkan dengan pengukuhan geopark ini semua potensi di Batur dan sekitarnya perlu dibangkitkan agar memberikan kemanfaatan bagi warga sekitar.

Geopark Batur merupakan salah satu Geopark yang didaftarkan dari kelima Geopark lain yang masih diperjuangkan yakni Geopark Toba, Sumatera Utara, Geopark Merangin Jambi, Geopark Gunung Sewu Jawa, Geopark Rinjani, Lombok dan Geopark Raja Ampat Papua Barat.

Dari 6 geopark yang sudah didaftarkan, Kementerian ESDM mengidentifikasi 33 kawasan yang berpotensi memiliki geoheritage di seluruh Indonesia.Geopark Batur diharapkan menjadi panutan bagi pengembangan geopark lain dan memvalidasi pengukuhan jaringan global geopark tersebut.

Geopark Batur merupakan Geopark pertama dan kedua di tingkatan Asia dan terdaftar bernomor 89 dari 90 geopark yang masuk dalam penilaian Unesco.(k2)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : I Komang Robby Patria

Editor : Muhammad Khamdi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top