Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INDUSTRI MULTIFINANCE: Laba Naik 30%, Raup Keuntungan Rp8,19 Triliun

JAKARTA: Industri multifinance meraup laba Rp8,19 triliun pada periode Januari-Agustus 2012, meningkat 30% dibandingkan dengan periode sama 2011 yang tercatat Rp6,3 triliunBerdasarkan data Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK),

JAKARTA: Industri multifinance meraup laba Rp8,19 triliun pada periode Januari-Agustus 2012, meningkat 30% dibandingkan dengan periode sama 2011 yang tercatat Rp6,3 triliunBerdasarkan data Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK), kenaikan laba tersebut ditopang oleh ekspansi pembiayaan yang tumbuh 32,13% menjadi Rp294,01 triliun. Segmen sewa guna usaha mencatatkan pertumbuhan tertinggi, yakni 75% menjadi Rp106,1 triliun.Adapun segmen anjak piutang tumbuh 43,25% menjadi Rp4,14 triliun. Adapun pembiayaan konsumen mencatatkan pertumbuhan 15,47% menjadi Rp183,77 triliun.Wiwie Kurnia, Ketua Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI), menilai pertumbuhan profit didorong kenaikan aset dari industri.

“Total aset meningkat karena pertumbuhan bisnis multifinance selama ini,” ujarnya Rabu (10/10/2012).Khusus pembiayaan, menurutnya, kinerjanya telah masih sesuai dengan ekspektasi, bahkan melampaui. “Secara year on year kami prediksi pembiayaan tumbuh 20% sampai akhir tahun. Kalau tengah tahun bisa berfluktuasi,” ujarnya.Namun, dalam 3 bulan terakhir sebelum September atau pasca kebijakan pengetatan uang muka diberlakukan, pembiayaan tumbuh melambat. Penyaluran pembiayaan secara keseluruhan hanya tumbuh di 3,95% pada akhir Agustus dibandingkan dengan akhir Mei.Menurut Wiwie, kinerja industri dalam 3 bulan terakhir memang kurang sesuai dengan ekspektasi. Bahkan, momentum Lebaran yang biasanya mendorong kenaikan pembiayaan, tidak membantu banyak dalam meningkatkan kinerja multifinance. (bas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper